Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Metode CTL dan Pemberian Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Teras, Boyolali Tahun 2012

Zaman, Badrus and , Dr.Samino,M.M and , Dr.ArI Anshori, M.Ag (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih melalui Penerapan Metode CTL dan Pemberian Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VII A MTs Negeri Teras, Boyolali Tahun 2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (331kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan metode yang sesuai akan menunjang peningkatan hasil belajar siswa. Dalam pembelajaran Fiqih salah satu metode yang tepat digunakan adalah metode pembelajaran kontekstual (CTL). Pendekatan pembelajaran kontekstual (CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa untuk menghubungkan pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Selain metode yang tepat faktor lain yang sangat penting adalah pemberian motivasi belajar kepada siswa. Pemberian motivasi belajar secara simultan dapat menciptakan kesadaran belajar pada diri siswa, mencari pengalaman-pengalaman belajar di kelas, keluarga dan masyarakat, sekaligus mengamalkannya dalam bentuk pelaksanaan ajaran-ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan mata pelajaran Fiqih. Dengan metode pembelajaran kontekstual (CTL) dan pemberian motivasi belajar kepada siswa secara simultan, diharapkan hasil pembelajaran meningkat dan lebih bermakna bagi siswa karena mereka sadar bahwa yang mereka pelajari berguna bagi hidupnya, sehingga mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang memerlukan suatu bekal untuk hidupnya dan mempelajari apa yang bermanfaat bagi dirinya dan berupaya menggapainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kelas VII A mata pelajaran Fiqih melalui penerapan metode CTL dan pemberian motivasi belajar pada siswa MTs Negeri Teras, Boyolali tahun 2012. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di MTs Negeri Teras, Boyolali pada bulan April-Mei 2012, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), data dikumpulkan melalui metode Observasi, Tes, Dokumentasi, dan Wawancara. Hasil penelitian peningkatan hasil belajar mata pelajaran Fiqih melalui penerapan metode CTL dan pemberian motivasi belajar pada siswa kelas VII A MTs Negeri Teras Boyolali Tahun 2012 adalah (1) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode pembelajaran kontekstual (CTL) mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hingga 100% (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian motivasi belajar secara simultan mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hingga 100%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Metode CTL, Motivasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 07:11
Last Modified: 25 Oct 2021 06:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24276

Actions (login required)

View Item View Item