Integrasi Pelayanan Pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo

Sumarni, Tri and , Dr. Eko Supriyanto, S.H, M.H. and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Integrasi Pelayanan Pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (398kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (960kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) integrasi perencanaan pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, (2) integrasi pelaksanaan pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo, (3) integrasi evaluasi pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo,. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Intergrasi perencanaan pembelajaran inklusi di SDN Sumberrejo dilakukan dengan persiapan kelas. Untuk memberikan layanan yang intensif pihak sekolah menyediakan kelas regular dan juga kelas khusus. System rekruitmen dilakukan dengan memperhatikan aspek umur dan kemampuan berkomunikasi. Guru menyiapkan satuan layanan serta menyiapkan jenis layanan seperti terapi kognitif bagi anak yang hiperaktif. (2) Integrasi pelaksanaan pembelajaran Inklusi di SD Negeri Sumberrejo Kecamatan Ngombol Kabupaten Purworejo dilaksanakan dengan prinsip Tut Wuri Handayani. Materi pembelajaran diberikan layaknya materi untuk anak normal hanya saja disesuaikan dengan kemampuan pada anak berkebutuhan khusus. Guru menggunakan metode dan media seperti penggunaan alat peraga agar materi mudah diterima ABK. (3) Evaluasi pembelajaran inklusi di SDN Sumberrejo dilakukan dengan melakukan kegiatan observasi, wawancara, dan tertulis. Aspek yang diamati meliputi sikap ABK dan juga kemampuan ABK. Kegiatan evaluasi hanya dilakukan oleh guru kelas saja, belum dibantu oleh guru pembimbing. Hasil evaluasi akan ditindaklanjuti dengan melakukan bimbingan konseling.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: integrasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 May 2013 12:26
Last Modified: 20 Oct 2021 04:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24271

Actions (login required)

View Item View Item