Pengelolaan Pembelajaran IPS Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (Studi Situs di SMP Negeri 4 Surakarta)

Sumiyati, Sumiyati (2012) Pengelolaan Pembelajaran IPS Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) (Studi Situs di SMP Negeri 4 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
00_COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_Bab_1.pdf

Download (286kB)
[img] PDF (Bab II)
02_Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab III)
03_Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab V)
05_Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab VI)
06_Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
12_Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (517kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_Lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran IPS pada sekolah RSBI di SMP Negeri 4 Surakarta. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) perencanaan pembelajaran IPS; 2) pengorganisasian pembelajaran IPS; 3) pelaksanaan pembelajaran IPS; 4) evaluasi pembelajaran IPS; 5) interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran IPS; dan 6) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran IPS pada sekolah RSBI di SMP Negeri 4 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pendekatan etnografi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis tertata dalam situs, yaitu menggunakan matriks daftar cek yang berupa format untuk menganalisis data lapangan dan matriks waktu tertata untuk menampilkan dan menginterpretasi perubahan yang berupa format-format. Validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi, member check, dan key informant review. Berdasarkan analisis dan pembahasan, penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran mengacu pada pengelolaan kelas bilingual. Langkah persiapan dilakukan dengan memberi bekal kemampuan berbahasa Inggris bagi para guru melalui diklat bahasa Inggris Dasar; 2) Pengorganisasian pembelajaran menggunakan pendekatan korelasi yaitu materi pelajaran dikembangkan dan disusun mengacu pada beberapa disiplin ilmu secara terbatas kemudian dikaitkan dengan aspek kehidupan nyata peserta didik sesuai dengan karakteristik usia, tingkat perkembangan berpikir dan kebiasaan sikap dan berperilaku; 3) Pelaksanaan pembelajaran IPS bilingual di kelas RSBI dilaksanakan dengan model terpadu. Proses pembelajaran sudah bersifat student-centered learning; 4) Evaluasi pembelajaran IPS dilakukan dalam tiga bentuk, yaitu tes lisan, tes tertulis, dan penugasan; 5) Proses pembelajaran sudah bersifat student-centered learning; dan 6) Faktor pendukung dalam pengelolaan pembelajaran IPS adalah adanya perencanaan yang matang dari pihak sekolah, kemauan dan motivasi guru yang tinggi, serta kelengkapan sarana dan prasarana pembelajaran. Faktor penghambat dalam pengelolaan pembelajaran IPS adalah penguasaan bahasa Inggris oleh guru dan siswa yang belum optimal. Hal ini diatasi dengan terus belajar bahasa Inggris oleh guru di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran IPS, Sekolah RSBI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 May 2013 11:39
Last Modified: 28 May 2013 11:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24267

Actions (login required)

View Item View Item