Aturrohmah, Nafi (2013) Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Menduran Kec. Brati Kab. Grobogan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1.Halamn_Depan.pdf Download (625kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Dafta pustaka)
7.Daftar_pustaka.pdf Download (11kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
10.Naskah_publikasi.pdf Download (244kB) |
|
PDF (Lampiran)
8.Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPA melalui strategi True or False pada siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun 2012/2013. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran dengan jumlah siswa 31. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Objek pelaksanaan tindakan adalah minat belajar siswa dengan menggunakan strategi True or False. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini adalah menunjukan hasil peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam belajar IPA melalui penggunaan strategi True or False. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Ketertarikan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran pada pra siklus 32,25%, siklus I 64,51%, siklus II 83,87%. 2) Perhatian siswa terhadap guru dan materi pelajaran pada pra siklus 38,70%, siklus I 64,51%, siklus II 74,19%, 3) Keterlibatan siswa (bertanya, menjawab pertanyaan, melakukan eksperimen) pada pra siklus 41,93%, siklus I 45,16%, siklus II 83,87%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM ≥ 70 sebelum tindakan 58,06%, siklus I 80,64 %, siklus II 96,77%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan strategi True or False dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Strategi True or False |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 May 2013 11:14 |
Last Modified: | 28 May 2013 11:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24263 |
Actions (login required)
View Item |