Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Menduran Kec. Brati Kab. Grobogan Tahun 2012/2013

Aturrohmah, Nafi (2013) Peningkatan Minat Belajar Ipa Melalui Strategi True Or False Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Menduran Kec. Brati Kab. Grobogan Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
1.Halamn_Depan.pdf

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2.BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab V)
6.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Dafta pustaka)
7.Daftar_pustaka.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
10.Naskah_publikasi.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar mata pelajaran IPA melalui strategi True or False pada siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun 2012/2013. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran dengan jumlah siswa 31. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Objek pelaksanaan tindakan adalah minat belajar siswa dengan menggunakan strategi True or False. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan yaitu teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini adalah menunjukan hasil peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam belajar IPA melalui penggunaan strategi True or False. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Ketertarikan siswa menyelesaikan soal-soal pelajaran pada pra siklus 32,25%, siklus I 64,51%, siklus II 83,87%. 2) Perhatian siswa terhadap guru dan materi pelajaran pada pra siklus 38,70%, siklus I 64,51%, siklus II 74,19%, 3) Keterlibatan siswa (bertanya, menjawab pertanyaan, melakukan eksperimen) pada pra siklus 41,93%, siklus I 45,16%, siklus II 83,87%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM ≥ 70 sebelum tindakan 58,06%, siklus I 80,64 %, siklus II 96,77%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penggunaan strategi True or False dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Menduran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Strategi True or False
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 May 2013 11:14
Last Modified: 28 May 2013 11:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24263

Actions (login required)

View Item View Item