Kepemimpinan Dalam Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Efektif (Studi Situs MI Ma’arif Grabag 1 Magelang)

Subandi, Subandi and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko (2013) Kepemimpinan Dalam Mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah Efektif (Studi Situs MI Ma’arif Grabag 1 Magelang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
cover-depan.pdf

Download (855kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB__I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab VI)
7._BAB__VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) ciri-ciri peranan kepala sekolah dalam mewujudkan madrasah ibtidaiyah yang efektif, (2) ciri-ciri strategi kepala sekolah dalam mewujudkan Madrasah Ibtidaiyah efektif, (3) ciriciri perilaku kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah yang efektif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di MI Ma’arif Grabag 1 Magelang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis di dalam situs. Hasil penelitian ini (1) Dalam mewujudkan sekolah yang efektif dibutuhkan adanya peranan dari semua anggota sekolah. Kepala sekolah melakukan pengelolaan sekolah yang bertujuan agar visi dan misi sekolah dapat tercapai karena visi dan misi dari sekolah akan menjadi cerminan dari sekolah yang efektif. Peranan kepala sekolah ada 7 yaitu kepala sekolah sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. (2) Strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah melibatkan semua anggota sekolah.Ada empat komponen strategis yang dapat dilakukan oleh kepala sekolah dalam mencapai sekolah efektif yaitu program, figure, culture, dan budget. Kepala sekolah membuat program kerja sekolah yang akan dilaksanakan untuk kurun waktu satu tahun yang akan datang. Untuk mewujudkan sekolah efektif dibutuhkan adanya figure kepala sekolah yang dapat menjadi panutan bagi anggota sekolah lainnya. Kepala sekolah harus mampu menciptakan culture sekolah yang baik sehingga para anggota sekolah dapat menjalankan tugas dan kewajibanya dengan baik pula. Kepala sekolah mampu membuat anggaran terhadap dana yang akan dibelanjakan oleh sekolah. (3) Kepala sekolah menjalin hubungan yang harmonis dengan para orang tua siswa dan pihak eksternal sekolah seperti pemerintah. Kepala sekolah melakukan school review dimana seluruh komponen sekolah bekerja sama khususnya dengan orang tua dan tenaga profesional untuk mengevaluasi dan menilai efektivitas sekolah serta mutu lulusan. Kepala sekolah mengoptimalkan semua pihak baik dewan guru, siswa, tenaga dan lingkungan masyarakat atau komite untuk melaksanakan program sekolah. Dimana semua komponen sekolah tersebut memiliki perannya masingmasing. Kegiatan school review tersebut untuk mengetahui rencana kerja dari kepala sekolah. Kegiatan akhir yang dilakukan untuk mengetahui apakah program yang telah direncanakan itu sudah berjalan dengan baik atau belum adalah dengan melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang ada di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, peranan, strategi, perilaku
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 07:12
Last Modified: 20 Oct 2021 02:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24246

Actions (login required)

View Item View Item