PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS XI DI SMA PGRI 1 WONOGIRI

PRABOWO, BARY (2008) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS XI DI SMA PGRI 1 WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040086.pdf

Download (179kB)
[img] PDF
A310040086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, memperoleh informasi tentang keaktifan siswa dalam menerima pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw, dan mengetahui persepsi atau kesan dari siswa terhadap model pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran Bahasa Indonsia. Objek penelitian ini adalah guru, dan siswa kelas XI.1 yang berjumlah 35 orang. Selain itu juga aktifitas belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang terjadi dikelas XI.1 di SMA PGRI 1 Wonogiri. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. observasi langsung dilakukan peneliti pada saat aktifitas kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung di kelas. Tes dilaksanakan tiga kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, siklus kedua untuk mengetahui peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa, dan pada siklus ketiga untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siwa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahannya setelah dilakukan siklus pertama dan siklus kedua. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nialai hasil yang dicapai siswa dari siklus I, II, dan III.Dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Sehingga hasilbelajar mata pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil nilai yang diperoleh dari nilai rata-rata siklus pertama 61,89, pada siklus kedua 66,29, dan pada siklus ketiga 70,59. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di SMA PGRI 1 Wonogiri. Kata Kunci: Jigsaw, kooperatif, mata pelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, kooperatif, mata pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 08:36
Last Modified: 16 Nov 2010 23:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item