Pengembangan Kompetensi Paedagogik Menuju Sekolah Bermutu Di SDN Banaran 1 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Khusnan, Khusnan and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengembangan Kompetensi Paedagogik Menuju Sekolah Bermutu Di SDN Banaran 1 Kalijambe Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi_ilmiah_.pdf

Download (184kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman__Depan.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1_.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil pengembangan kompetensi paedagogik menuju sekolah bermutu di SDN Banaran 1 yang dijabarkan pada dua sub fokus, yaitu: 1) Mengkaji karakteristik pengembangan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu guru; 2) Mengkaji karakteristik penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik. Data dikumpulkan melalui interview (wawancara mendalam), pengamatan berperanserta dan pemeriksaan dokumen. Analisis data dilaksanakan sebelum di lapangan dan selama di lapangan dengan model Miles and Hubberman secara interaktif melalui proses data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (kesimpulan). Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa profil pengembangan kompetensi paedagogik menuju sekolah bermutu di SDN Banaran 1 merupakan pengembangan teori yang ada dalam penelitian terdahulu. Adapun pengembangan teori tersebut dapat ketahui dari karakteristik pengembangan kompetensi paedagogik yang dilaksanakan SDN Banaran 1 seperti: menempatkan komite sekolah dan pakar pendidikan sebagai mitra, menjalin komunikasi dengan orang tua/wali murid, memberi pelatihan kepada guru dalam memilih strategi belajar yang tepat serta mengembangkan materi pelajaran, serta mengurangi beban tambahan guru. Selain itu, dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, SDN Banaran 1 memberi pengayaan maupun perbaikan serta penambahan jam pelajaran bagi kelas enam khususnya, melaksanakan interaksi pembelajaran secara optimal dengan memposisikan anak sebagai subyek dalam pembelajaran, materi pembelajaran kontekstual, pembelajaran melalui kelompok kecil serta memanfaatan fasilitas secara maksimal untuk menstimulus belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kompetensi, paedagogik, mutu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 May 2013 10:45
Last Modified: 20 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24235

Actions (login required)

View Item View Item