UMS ETD-db

PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT HARGA SAHAM TERHADAP PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLIT)

Sari, Piala Puspita (2008) PENGARUH KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DAN TINGKAT HARGA SAHAM TERHADAP PEMECAHAN SAHAM (STOCK SPLIT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

447kB

Abstract

Piala Puspita Sari, 2008. Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dan Tingkat Harga Saham Terhadap Pemecahan Saham (Stock Split). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pemecahan saham umumnya hanya meningkatkan jumlah saham yang beredar namun tidak memberikan dana baru atau klaim tambahan kepada shareholder. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menguji apakah kinerja keuangan perusahaan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan untuk melakukan pemecahan saham, 2) Menguji apakah tingkat harga saham merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan untuk melakukan pemecahan saham, dan 3) Memperoleh bukti empiris apakah terjadi peningkatan pertumbuhan laba operasi sebelum pemecahan saham dilakukan pada perusahaan yang melakukan pemecahan saham. Metode analisis data yang dipergunakan adalah uji regresi logistic dengan menggunakan program SPSS 13. Data diperoleh dari BEJ melalui Indonesian Capital Market Directory tahun 2003-2005 meliputi data ROI, EPS, PBV, PER, serta operating profit. Diperoleh hasil persamaan regresi logistic= -0,519 + 0,088ROI + 0,000EPS – 0,076PBV + 0,004PER. Variabel ROI dan EPS tidak signifikan terhadap pemecahan saham (stock split) karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Variabel PBV dan PER tidak signifikan terhadap pemecahan saham (stock split) karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Sedangkan operating profit tidak menunjukkan signifikan terhadap pemecahan harga saham (stock split) karena nilai signifikansi lebih besar dari 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian tidak terbukti.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B100040244
Uncontrolled Keywords:Return on inquity, Earning per Share, Price to Book Value, Price to Earning Ratio, operating profit, stock split
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
ID Code:242
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:19 Aug 2008 02:50
Last Modified:02 Feb 2011 04:14

Repository Staff Only: item control page