Model Kepemimpinan Pemerintahan Desa Dalam Perspektif Kepala Desa Sebagai Tokoh Panutan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo)

Juliansyah, Aris and , Dr. Aidul Fitriciada Azhari, SH., M.Hum and , Dr.Nurhadiantomo (2013) Model Kepemimpinan Pemerintahan Desa Dalam Perspektif Kepala Desa Sebagai Tokoh Panutan Masyarakat (Studi Kasus Masyarakat Desa Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_docx.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I_docx.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_docx.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Kepemimpinan seorang Kepala Desa di setiap Desa mesti mampu menjadi contoh atau teladan yang baik bagi masyarakatnya. Bila di Desa mampu melahirkan pemimpin yang bagus dalam melangsungkan pembangunan, maka Desa itu akan berubah ke arah yang lebih baik. Dengan semakin Kepemimpinan pemerintah Desa punya satu peran sebagai agen yang bertanggung-jawab untuk pembangunan apakah phisik dan bukan phisik. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel responden Masyarakat Desa Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Pokok perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kinerja dan tanggungjawab seorang Kepala Desa di kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Berdasarkan hasil Analisis dengan menggunakan metode analisis antropologi dapat disimpulkan bahwa dari : 1 menyatakan bahwa intelektual mempunyai pengaruh positif terhadap identitas kepemimpinan 2. menyatakan bahwa pelayanan sosial mempunyai pengaruh positif terhadap masyarakat bagi seorang Kepala Desa. 3 menyatakan bahwa bantuan sosial mempunyai pengaruh positif masyarakat dalam pembangunan. 4 menyatakan bahwa estetika mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja pemimpin bahwa secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap tingkah laku, berbicara. Dari hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian pada model kepemimpinan pemerintahan Desa dalam perspektif Kepala Desa sebagai tokoh panutan masyarakat di Kecamatan Baki Sukoharjo, terdapat indikasi bahwa pelayanan sosial, bantuan sosial, etika, baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja seorang Kepala Desa. Dari keempat variabel Intelektual, Pelayanan Sosial, Bantuan Sosial, Etika, ternyata motivasi moral mempunyai pengaruh positif paling dominan dan signifikan, terhadap Masyarakat Desa Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model kepemimpinan, Kepala Desa, Tokoh Panutan Masyarakat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 21 May 2013 11:12
Last Modified: 26 Oct 2021 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24195

Actions (login required)

View Item View Item