Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan Obat Antituberkulosis Oleh Pasien Tuberkulosis Paru Di Instalasi Rawat Jalan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta Tahun 2012

Pradita, Bongga and , Tri Yulianti, M.Si., Apt. (2013) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Penggunaan Obat Antituberkulosis Oleh Pasien Tuberkulosis Paru Di Instalasi Rawat Jalan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (566kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (489kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)

Abstract

Tuberkulosis masih merupakan masalah kesehatan baik di Indonesia maupun di dunia dan merupakan penyebab utama kematian. Peningkatan jumlah penderita TB disebabkan oleh berbagai faktor yakni kurangnya tingkat kepatuhan penderita untuk berobat dan meminum obat yang dipengaruhi kurangnya pengetahuan oleh penderita TB. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan pada penggunaan obat antituberkulosis oleh pasien tuberkulosis paru di Instalasi Rawat Jalan Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, metode penelitian adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 100 orang pasien dewasa yang terdiagnosa tuberkulosis paru dan sedang menjalani pengobatan di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta. Cara pengambilan sampel dengan purposive proporsional. Instrument penelitian menggunakan kuesioner pengetahuan dan kepatuhan. Hasil penelitian menunjukkan 28% sampel mempunyai pengetahuan yang tinggi, dan 72% sampel dengan pengetahuan rendah. Tingkat kepatuhan sampel dalam penggunaan obat antituberkulosis menunjukkan 49% sampel patuh, dan 51% sampel tidak patuh. Hasil uji korelasi menggunakan Chi Square diperoleh nilai p < 0,05 . Hasil tersebut disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, kepatuhan, obat antituberkulosis, tuberkulosis paru
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2013 10:27
Last Modified: 20 Oct 2021 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24192

Actions (login required)

View Item View Item