Tinjauan Peresepan Antibiotik Pada Pasien Jamkesmas Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo Periode Bulan Januari – Maret 2011

Handayani, Sri Retno and , Arief Rahman Hakim,M.Si,Apt and , Tanti Azizah Sujono, M.Sc., Apt (2013) Tinjauan Peresepan Antibiotik Pada Pasien Jamkesmas Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sukoharjo Periode Bulan Januari – Maret 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penggunaan antibiotik pada pasien rawat jalan program Jamkesmas di RSUD Sukoharjo dilihat dari antibiotik yang paling banyak diresepkan, ketepatan obat dengan formularium Jamkesmas tahun 2010, serta ketepatan dosis. Penelitian ini dirancang secara deskriptif dengan data retrospektif. Sumber data adalah resep antibiotik pada pasien rawat jalan Jamkesmas. Peresepan dikaji berdasarkan pemilihan antibiotik, tepat dosis, tepat frekuensi, tepat rute pemberian, dan tepat durasi penggunaan antibiotik. Hasil penelitian didapat sebanyak 295 pasien mendapatkan antibiotik dengan penggunaan antibiotik yang paling banyak adalah siprofloksasin 35,93%, antibiotik tunggal 66,10% dan pasien yang mendapat antibiotik kombinasi sebesar 33,90%. Sebanyak 90,85% obat pasien jamkesmas adalah obat generik, ketepatan antibiotik yang diresepkan dibandingkan dengan formularium Jamkesmas 2010 sebesar 82,12%. Hasil pengolahan data dengan menggunakan kategori tepat dosis, tepat frekuensi, dan tepat durasi pemberian diperoleh ketepatan 44,75%. Semua peresepan (100%) tepat rute pemberian. Secara umum diketahui bahwa RSUD Sukoharjo sudah mematuhi peraturan pemerintah tentang program Jamkesmas, tetapi untuk penggunaan dosis antibiotik belum memenuhi standar terapi, hanya perlun ketelitian dalam meresepkan antibiotik kepada pasien agar ketidakrasionalan dan resistensi antibiotik dapat diminimalkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, Pasien Jamkesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2013 06:11
Last Modified: 20 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24190

Actions (login required)

View Item View Item