MINAT BACA, KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN, DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008

SAFITRI, YEYEN (2008) MINAT BACA, KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN, DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040082.pdf

Download (78kB)
[img] PDF
A310040082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hubungan minat baca dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2007/2008. 2) Untuk mengetahui hubungan kemampuan memahami bacaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2007/2008. 3) Untuk mengetahui hubungan minat baca dan kemampuan memahami bacaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2007/2008. 4) Untuk mengetahui pola hubungan antara minat baca dan kemampuan memahami bacaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangtur i Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2007/2008. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi. Teknik pengumpulan data denga n teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data minat baca, metode tes dipakai untuk memperoleh data kemampuan memahami bacaan, dan metode dokumentasi untuk memperoleh prestasi belajar bahasa Indonesia. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan rumus uji F dan uji t, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, linieritas, dan uji independensi. Setelah dilakukan uji prasyarat tidak ada permasalahan, kemudian dianalisis dengan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan minat baca dan kemampuan memahami bacaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi Tahun Pelajaran 2007/2008, maka dapat dinyatakan bahwa regresi tersebut benar-benar positif dan sangat signifikan. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak. Ini berarti minat baca dan kemampuan memahami bacaan dapat dijadikan prediktor dalam meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi. 2) Ada hubungan minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi, maka semakin tinggi tingkat minat baca akan semakin meningkat pula prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi. 3) Ada hubungan kemampuan memahami bacaan dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi, maka semakin tinggi tingkat kemampuan memahami bacaan akan semakin meningkat pula prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas V SD Negeri 02 Karangturi. Kata kunci: Minat Baca, Kemampuan Memahami Bacaan, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Kemampuan Memahami Bacaan, dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 08:25
Last Modified: 16 Nov 2010 23:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2419

Actions (login required)

View Item View Item