Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep Pasien Jamkesmas Di Rumah Sakit Di Daerah Wonogiri

Kusuma Wati, Is Rahayu and , Arief Rahman Hakim,M.Si,Apt and , Arifah Sri Wahyuni, M.Sc., Apt (2013) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Resep Pasien Jamkesmas Di Rumah Sakit Di Daerah Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan kecepatan pelayanan pada pasien rawat jalan dan waktu tunggu pelayanan resep yang di berikan kepada pasien Jamkesmas di RS di daerah Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan analisis deskriptif dan dilakukan secara observasional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 98 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang terdiri dari kuisioner kinerja dan kuesioner harapan,serta penghitungan kecepatan pelayanan obat. Analisis tingkat kepuasan pasien berdasarkan nilai hasil perbandingan antara rerata skor kinerja dengan skor rerata harapan meliputi dimensi kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati dan berwujud. Dari hasil analisis kinerja diketahui bahwa dimensi jaminan dinilai paling baik kinerjanya oleh reponden (65.3% responden). Berdasarkan analisis harapan pasien menunjukan tidak ada pasien yang mempunyai harapan yang rendah terhadap semua dimensi. Hal ini menunjukan pasien mempunyai harapan yang tinggi terhadap kinerja Rumah Sakit. Berdasarkan hasil analisis perbandingan kinerja dan harapan dapat diketahui kepuasan pasien secara keseluruhan adalah 0.70 yang artinya pasien merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan Rumah Sakit. Waktu tunggu pelayanan obat obat jadi dan obat racikan sudah berjalan dengan baik, dengan rata-rata waktu tunggu untuk obat jadi adalah 13.5 menit, sementara resep obat racikan rata-rata waktu tunggu selama 29,30 menit, berdasarkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129 /Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pasien rawat jalan, Jamkesmas, Kepuasan pelayanan, Waktu tunggu.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2013 12:51
Last Modified: 20 Oct 2021 06:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24189

Actions (login required)

View Item View Item