Formulasi Sediaan Krim Ekstrak Etanol Herba Patikan Kebo (Euphorbia hirta L.) Dengan Basis Krim Tipe M/A Dan Uji Aktivitas Antibakteri Terhadap Pseudomonas aeruginosa Secara In Vitro

Latifaeni, Sri and , Dr. T.N. Saifullah S., M.Si., Apt. and -, Peni Indrayudha, Ph.D.,Apt (2013) Formulasi Sediaan Krim Ekstrak Etanol Herba Patikan Kebo (Euphorbia hirta L.) Dengan Basis Krim Tipe M/A Dan Uji Aktivitas Antibakteri Terhadap Pseudomonas aeruginosa Secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (571kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (263kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Ekstrak herba patikan kebo (Euphorbia hirta L.) mempunyai aktivitas antibakteri, salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai obat infeksi yang terjadi pada luka bakar terhadap Pseudomonas aeruginosa. Dalam mempermudah pengggunaanya, maka dibuat ke dalam bentuk sediaan krim. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh formulasi krim ekstrak herba patikan kebo terhadap sifat fisik dan aktivitas antibakterinya terhadap Pseudomonas aeruginosa. Ekstrak herba patikan kebo diperoleh dari proses maserasi menggunakan pelarut etanol 96%. Krim dibuat dengan perbedaan konsentrasi ekstrak 4%, 6%, 8%, dan 10%. Krim yang diperoleh di uji sifat fisik (organoleptis, viskositas, pH, daya lekat, dan daya sebar) dan aktivitas antibakteri pada Pseudomonas aeruginosa. Analisis data digunakan uji anova satu jalan. Hasil uji sifat fisik krim menunjukkan dengan adanya kenaikan konsentrasi ekstrak akan meningkatkan viskositas, daya lekat, dan menurunkan daya sebar krim. Uji organoleptis (bentuk, warna, dan bau) dan pH menunjukkan hasil stabil pada sediaan krim, sedangkan untuk viskositasnya cukup stabil selama penyimpanan. Krim dengan ekstrak patikan kebo mempunyai aktivitas antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa dengan zona hambat berturut-turut 8,0±0,46 mm, 8,94±0,48 mm, 10,31±0,46 mm, 10,09±0,38 mm pada penambahan ekstrak 4%, 6%, 8%, dan 10%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekstrak herba patikan kebo (Euphorbia hirta L.), Pseudomonas aeruginosa, krim
Subjects: Q Science > QH Natural history
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 May 2013 12:05
Last Modified: 20 Oct 2021 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24186

Actions (login required)

View Item View Item