Komunikasi Pemasaran Terpadu Pariwisata Jepara (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pariwisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara)

Fauzan, Maksum Nur (2013) Komunikasi Pemasaran Terpadu Pariwisata Jepara (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu Pariwisata oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA,.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)

Abstract

Untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa yang berupa wisata perlu dilakukan secara berkelanjutan dan saling mempengaruhi. Pihak yang bertanggung jawab yakni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara melakukan implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu untuk mempromosikan potensi wisata yang dimiliki kabupaten tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jepara dalam mempromosikan potensi Wisata Jepara serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan program tersebut. Rumusan masalahnya yakni bagaimana implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu yang dilakukan oleh pihak dinas terkait serta apa faktor pendukung dan penghambat program tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Serta sumber data menggunakan data primer dan sekunder untuk memperoleh data yang tepat dan akurat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa diperlukan berbagai cara yang terpadu dalam rangka mempromosikan wisata kabupaten Jepara yang dilakukan oleh Dinas terkait. Melalui periklanan dalam bentuk penerapan pada leaflet, booklet, spanduk serta baliho. Lalu hubungan masyarakat diterapkan dengan perbagai pelatihan kepada stageholder internal/eksternal dan kerjasama dengan berbagai pihak (Kemenristek) lalu press release serta adanya even-even rutin yang digelar di Kabupaten Jepara (Pesta Lomban, Hari Jadi Jepara, Perang Obor). Pada bagian promosi penjualan terwujud dengan keikutsertaan dalam berbagai pameran wisata di beberapa kota seperti Jakarta dan Batam dan potongan harga tiket masuk pada tempat wisata. Situs resmi (www.ticjepara.com) yang bisa diakses untuk mempermudah dalam memperoleh informasi mengenai wisata Jepara. Dalam Personal Selling pihak terkait memaksimalkan duta wisata serta beberapa staff untuk menyampaiakan pesan mengenai wisata Jepara pada kesempatan pameran dibeberapa kota. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program ini seperti faktor sejarah mengenai Kartini yang memikat pengunjung, serta adanya anggaran, stageholder yang mudah untuk diajak kerjasama, kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Faktor penghambatnya seperti minimnya sumber daya manusia mengenai komunikasi pemasaran terpadu dan alat transportasi yang kurang memadai serta kurang memberikan kenyamanan bagi calon pengunjung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Terpadu, implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu, faktor pendukung dan penghambat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 07:02
Last Modified: 15 May 2013 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24167

Actions (login required)

View Item View Item