Strategi Kreatif Kampanye Iklan Untuk Menarik Mahasiswa Baru (Studi Kualitatif Kampanye Iklan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011/2012)

Nugroho, Filantropi (2012) Strategi Kreatif Kampanye Iklan Untuk Menarik Mahasiswa Baru (Studi Kualitatif Kampanye Iklan Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (343kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI.pdf

Download (82kB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi strategi kreatif kampanye iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam menumbuhkan minat calon mahasiswa masuk ke Universitas Muhammadiyah Surakarta?. 2) Faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan strategi kreatif kampanye iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam menumbuhkan minat calon mahasiswa masuk ke Universitas Muhammadiyah Surakarta?. Landasan teori yang digunakan adalah strategi kreatif, di mana dalam merancang pesan membutuhkan strategi kreatif dengan melewati tahap pembentukan, evaluasi, seleksi dan pelaksanaan pesan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sumber data menggunakan informan atau narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode dimana peneliti mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif (model saling terjalin). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi kreatif kampanye iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam menumbuhkan minat calon mahasiswa masuk ke Universitas Muhammadiyah Surakarta seluruhnya merupakan tanggung jawab Humas UMS, dimana dalam menyusun materi iklan menggunakan pendekatan strategi produk dan harga. Dalam iklan tersebut Humas UMS memberikan informasi berkaitan dengan program-program studi yang dimiliki oleh UMS, baik jenjang program studi D III, S1 maupun S2. Di samping itu dalam materi iklan tersebut juga dimasukkan rincian biaya perkuliahan serta berbagai prestasi yang pernah dicapai oleh UMS maupun mahasiswa UMS. Faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi kreatif kampanye iklan sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam menumbuhkan minat calon mahasiswa masuk ke Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah terbatasnya anggaran dana untuk kegiatan periklanan yaitu hanya 0,5% dari total anggaran, sedangkan faktor pendukung dalam kegiatan periklanan yaitu adanya sarana dan prasarna pendukung perkuliahan yang memadai serta adanya berbagai prestasi yang diraih oleh UMS, sehingga faktor prestasi tersebut dapat digunakan sebagai materi utama dalam kegiatan periklanan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Kampanye Iklan, Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 May 2013 06:57
Last Modified: 15 May 2013 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24166

Actions (login required)

View Item View Item