Kegiatan Media Relations Dan Kepuasan Wartawan Memperoleh Informasi (Studi Korelasi Tentang Kegiatan Media Relations Dan Kepuasan Wartawan Memperoleh Informasi Di Rumah Sakit Ortopedi Prof DR R Soeharso)

Ningrum, Ayu Widiya and , Drs. Joko Sutarso, S.E, M.Si and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2013) Kegiatan Media Relations Dan Kepuasan Wartawan Memperoleh Informasi (Studi Korelasi Tentang Kegiatan Media Relations Dan Kepuasan Wartawan Memperoleh Informasi Di Rumah Sakit Ortopedi Prof DR R Soeharso). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (849kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (444kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Rumah Sakit Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta (RSO) adalah rumah sakit rujukan nasional bertaraf internasional, sebagai instansi yang bergerak dibidang kesehatan RSO memerlukan media relations sebagai salah satu usaha untuk memberikan informasi, memperoleh kepercayaan, membentuk citra serta media promosi. Namun seiring dengan perkembangannya media relations yang dijalankan di RSO tidak berjalan dengan stabil karena tidak semua kegiatan media relations dilaksanakan, hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan wartawan sebagai mitra dalam pelaksanaan media relation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adakah hubungan antara kegiatan media relation terhadap kepuasan wartawan dalam memperoleh informasi di RSO. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sederhana sehingga diperoleh sampel yang terdiri dari 40 orang wartawan yang pernah melakukan kegiatan media relations di RSO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kegiatan media relations dengan kepuasan wartawan dalam memperoleh informasi di Rumah Sakit Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso Surakarta (RSO), dengan rhitung (0,745) lebih besar dari ttabel (0, 312) dan nilai t hitung (6,890) lebih besar dari ttabel (1,686 ), sehingga hipotesis diterima. Untuk analisis regresi sederhana diperoleh hasil persamaan Y = 15,897 + 0,506X yang berarti bahwa jika kegiatan media relations tetap atau nol maka besarnya kepuasan wartawan memperoleh informasi adalah sebesar 15,897 poin dan jika setiap penambahan nilai kegiatan media relations sebesar 10 poin, maka kepuasan wartawan memperoleh informasi akan mengalami peningkatan sebesar 5,06 poin. Hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh angka koefisien determinasi dengan adjusted-R2 sebesar 0,555 sehingga kegiatan media relations memiliki pengaruh terhadap kepuasan wartawan dalam memperoleh informasi di RS Ortopedi Prof. DR. R. Soeharso (RSO) sebesar 55,5% dan 45,5% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan media relations, kepuasan wartawan memperoleh informasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 May 2013 07:53
Last Modified: 23 Oct 2021 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24153

Actions (login required)

View Item View Item