Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Motivasi Kerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di RSUD dr. Raden Soedjati Grobogan

Putra, Nur Agung Yuliana and , H. Abi Muhlisin, S.KM, M. Kep and , Arina Maliya A. Kep, M.Si, Med (2012) Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruang Dengan Motivasi Kerja Perawat Dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan Di RSUD dr. Raden Soedjati Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_DEPAN.PDF

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (773kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (171kB)

Abstract

Motivasi adalah sesuatu yang berupa kekuatan, tenaga atau daya, atau suatu keadaan yang kompleks dan kesiapsediaan merupakan dorongan dalam diri individu untuk bergerak kearah tujuan tertentu. Motivasi seorang perawat pun dapat mengalami perubahan yang disebabkan oleh factor-faktor yang mempengaruhinya. Namun kuat tidak tidaknya factor lingkungan kerja ataupun gaya kepemipinan pada kepala ruang juga dapat menjadikan motivasi perawat berpengaruh atau tidak. Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepada ruang tidak selalu diterima secara baik oleh bawahan. Tunjuan penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh gaya kepemimpinan kepala ruang dengan motivasi kerja perawat dalam melaksanakan asuhan keperawatan. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, non eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan pendekatan Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebesar 215 orang perawat pelaksana. sampel penelitian berjumlah 68 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling. Sedangkan jumlah kepala ruang sebanyak 16 orang. Pengukuran gaya kepemimpinan pada kepala ruang dan motivasi perawat pelaksana menggunakan kuesioner analisa data menggunakan uji Kendall tau. Hasil penelitian diperolah data. 5 orang kepala ruang (7,4%) menerapkan gaya kepemimpinan secara otokratik, 33 orang kepala ruang (48,5%) menerapkan gaya kepemimpinan secara Partisipatif, 30 orang kepala ruang (44,1%) menerapkan gaya kepemimpinan secara Demokratis. 43 responden (63,2%) mempunyai motivasi kerja yang kurang, 25 responden (36,8%) mempunyai motivasi kerja yang cukup. Hasil uji statistic Kendall tau diperoleh nilai r = 0,131 dengan signifikansi p = 0,146. Hasil uji tersebut disimpulkan tidak ada hubungan antara gaya kepemimpinan kepala ruang dengan motivasi kerja perawat di RSUD Raden Dr. Soedjati Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kepala ruang, perawat pelaksana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 10:41
Last Modified: 09 May 2016 03:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24136

Actions (login required)

View Item View Item