Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Masyarakat Untuk Memilih Jasa Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Simo Kabupaten Boyolali

Anggraheni, Nila Vicky and , H. Abi Muhlisin, SKM.,M.Kep and , Ambarwati, S. Pd, M.Si (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Masyarakat Untuk Memilih Jasa Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Simo Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (232kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab VI)
09_BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10__DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (976kB)

Abstract

Rendahnya penggunaan fasilitas kesehatan sering disebabkan oleh faktor jarak antara fasilitas tersebut dengan masyarakat yang terlalu jauh, tarif yang tinggi, pelayanan yang tidak memuaskan dan sebagainya. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat pemanfaatan pelayanan yaitu faktor yang berasal dari penyedia layanan kesehatan dan faktor dari masyarakat pengguna pelayanan kesehatan. Tiga faktor dari penyedia layanan kesehatan adalah fasilitas pelayanan, biaya pelayanan, dan jarak, sedangkan dua faktor dari masyarakat pengguna pelayanan kesehatan adalah faktor pendidikan dan status sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan masyarakat untuk memilih jasa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Simo Kabupaten Boyolali. Populasi pada penelitian adalah masyarakat yang datang berobat ke RS PKU Muhammadiyah Simo Kabupaten Boyolali, baik rawat jalan maupun rawat inap selama Bulan Januari-Juni 2012 sebanyak 383 orang, sampel penelitian sebanyak 80 orang yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi logistik. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: terdapat pengaruh kualitas pelayanan (p=0,008), tidak terdapat pengaruh fasilitas (p=0,419), dan terdapat pengaruh biaya pengobatan (p=0,022) terhadap pemilihan jasa pelayanan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Simo Boyolali, serta faktor yang paling dominan mempengaruhi pengambilan keputusan masyarakat untuk memilih jasa pelayanan kesehatan di RS PKU Muhammadiyah Simo Boyolali adalah biaya pengobatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, fasilitas, biaya, dan pemilihan jasa pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 May 2013 07:05
Last Modified: 21 Apr 2016 03:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24124

Actions (login required)

View Item View Item