PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI ANDONG I, KECAMATAN ANDONG, KABUPATEN BOYOLALI

PUTRO, BAYU WICAKSONO (2008) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI ANDONG I, KECAMATAN ANDONG, KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040073.pdf

Download (44kB)
[img] PDF
A310040073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat dari pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan menulis deskriptif siswa. Memperoleh informasi tentang kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VIIa setelah diberikan media gambar dan mengetahui persepsi dan kesan siswa terhadap pemanfaatan media gambar dalam proses belajar-mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIIa, yang berjumlah 38 Siswa. Selain itu juga aktifitas belajar-mengajar dengan media gambar juga dilakukan dikelas VIIa di SMP N 1 Andong. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Observasilangsung dilakukan didalam kelasa pada saat kegiatan belajarmengajar dilakukan dikelas. Tes dilakukan dengan melalui 3tahapan yaitu kondisi Awal siswa, untuk mengukur kemampuan awal siswa, Siklus I untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan Siklus II untuk mengetahui hasil akhir siswa dan pemecahannya setelah dilakukan siklus I dan Siklus II. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui daftar nama siswa dan nilai yang dicapai siswa dari kondisi awal siswa, siklus I dan siklus II. Dalam setiap pelaksanaan pembelajaran, guru mengguanakan media pembelajaran yang notabene masih susah dipahami oleh siswa. Sehingga hasil belajar siswa dapat mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai yang dicapai dalam setiap kegiatan. Dapat disimpulkan pula bahwa dengan meddia gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis dekriptif siswa. Kata Kunci : Gambar, menulis deskripsi, media pembelajaran, PTK xiii

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gambar, menulis deskripsi, media pembelajaran, PTK xiii
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 08:03
Last Modified: 08 Apr 2011 09:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2412

Actions (login required)

View Item View Item