Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Tanti, Tri Widya and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2013) Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Lazuardi Kamila Global Islamic School (GIS) Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (74kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran, model pembelajaranpun harus disesuaikan dengan materi yang diajarkan. Dengan adanya pengajaran yang baik, maka suatu tujuan dalam pembelajaran akan dapat tercapai. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta dan bagaimana peran guru dan siswa dalam penerapan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan model pembelajaran serta peran guru dan siswa di Sekolah Dasar Lazuardi Kamila GIS Surakarta. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah menambah hazanah pengetahuan di bidang pendidikan, khususnya yang berkaitan dengan pengembangan model pembelajaran dan dapat dijadikan pijakan bagi peneliti berikutnya pada masa yang akan datang. Sedangkan secara praktis adalah dapat dijadikan masukan bagi Sekolah Dasar Lazuardi Kamila GIS Surakarta, untuk pengembangan Pendidikan Agama Islam ke depannya dan dijadikan sebagai bahan masukan kepada semua instansi pendidikan, terutama dalam hal model pembelajaran. Ditinjau dari objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan, karena data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan, yaitu di SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif kualitatif, sedangkan penarikan kesimpulannya melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran PAI di SD Lazuardi Kamila GIS Surakarta sebagai sistem memiliki komponen: a. tujuan; b. materi; c. metode; d. media; dan e. evaluasi. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung menggunakan teori konstruktivisme pada model pembelajaran active learning. Di antara metode-metode yang berdasarkan model pembelajaran active learning adalah: a. Metode ceramah plus; b. Metode tanya jawab; c. Metode pemberian tugas; d. Metode diskusi; e. Metode sosiodrama; dan f. Metode demonstrasi. Metode-metode lain yang dikembangkan antara lain: a. klasifikasi; b. movie learning; c. metode puzzle; d. metode gabungan movie learning dan diskusi; dan e. metode gabungan movie learning, diskusi, mencatat, dan mengerjakan soal. Peran guru dalam pembelajaran: dinamisator, edukator, motivator, fasilitator, dan inovator. Peran siswa: aktif dalam pembelajaran, bersosialisasi, bertanggung jawab, kreatif, dan sebagai pusat pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, PAI, peran guru dan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 May 2013 06:53
Last Modified: 29 Oct 2021 05:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item View Item