UMS ETD-db

ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, LOKASI, DAN FASILITAS RUMAH SERTA PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERUMAHAN PADA PT. AYODYA PURI NUGRAHA DI PURWODADI GROBOGAN

Annisa, Najibah Nur (2008) ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS, LOKASI, DAN FASILITAS RUMAH SERTA PENDAPATAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERUMAHAN PADA PT. AYODYA PURI NUGRAHA DI PURWODADI GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas rumah, lokasi, fasilitas dan pendapatan keluarga terhadap keputusan pembelian rumah diperumahan Ayodya Bersemi baik secara parsial maupun simultan. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap ilmu ekonomi dan sebagai salah satu bahan referensi keilmuan untuk penelitian dalam masalah yang sama dan memberikan wawasan yang lebih luas tentang konsep yang dibahas dan nantinya dapat diterapkan pada perusahaan yang ingin meningkatkan volume penjualannya dimasa yang akan datang dengan memperhatikan faktor–faktor yang mempengaruhinya. Pada penelitian ini untuk melakukan pengujian hipotesis guna mengetahui pengaruh harga, kualitas rumah, lokasi, fasilitas dan pendapatan keluarga terhadap keputusan pembelian digunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk rumah di perumahan Ayodya Bersemi, yaitu sebanyak 250 responden, sedangkan sampel penelitiannya adalah 71 orang responden dengan simple random sampling untuk teknik pengambilan sampelnya. Berdasarkan hasil penelitian dengan model OLS diketahui bahwa harga, lokasi dan pendapatan keluarga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Ayodya Bersemi Purwodadi Grobogan, sedangkan kualitas dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rumah di Perumahan Ayodya Bersemi Purwodadi Grobogan. Model yang diperoleh cukup bagus. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,637 yang berarti bahwa variasi variabel dependen keputusan pembelian rumah di Perumahan Ayodya Bersemi Purwodadi Grobogan dapat dijelaskan oleh variabel-variabel independen yang meliputi harga, kualitas, lokasi, fasilitas dan pendapatan keluarga sebesar 63,7%, sedangkan sisanya sebesar 36,3% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model (unselected variable). Temuan ini diperkuat oleh nilai F sebesar 22,845 yang signifikan pada α: 1%. Uji asumsi klasik menunjukkan hasil perdiksi berupa BLUE (Best, Linier, Unbiased, and Estimator).

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B100040038
Uncontrolled Keywords:harga, kualitas, lokasi, fasilitas, pendapatan keluarga, keputusan pembelian.
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
ID Code:241
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:19 Aug 2008 02:19
Last Modified:02 Feb 2011 04:06

Repository Staff Only: item control page