Tinjauan Hukum Islam Terhadap Waralaba Minimarket Alfamart (Studi Kasus di Minimarket Alfamart Jl. Slamet Riyadi No. 203, Kartasura, Sukoharjo)

Ikhwani, M. Fauzan (2013) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Waralaba Minimarket Alfamart (Studi Kasus di Minimarket Alfamart Jl. Slamet Riyadi No. 203, Kartasura, Sukoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (223kB)

Abstract

Bisnis waralaba merupakan jenis bisnis yang unik dan termasuk model bisnis kontemporer. Waralaba adalah suatu pengaturan bisnis dimana sebuah perusahaan (franchisor) memberikan hak kepada pihak independen (franchisee) untuk menjual produk atau jasa perusahaan tersebut dengan pengaturan yang ditetapkan oleh franchisor. Franchisee menggunakan nama, merk, produk dan jasa, sistem, prosedur, pemasaran, keahlian dan fasilitas penunjang dari pihak franchisor. Sebagai imbalannya, franchisee membayar franchise fee dan royalty pada perusahaan franchisor sebagaimana diatur dalam perjanjian waralaba. Dalam hukum muamalat waralaba dapat dimasukkan sebagai bentuk kerja sama dagang atau usaha bisnis yang dikenal dengan syirkah. Pola kemitraan antara franchisee (penerima waralaba) dengan franchisor (pemberi waralaba) tertulis dalam suatu perjanjian waralaba yang terdapat di dalamnya hak dan kewajiban masing-masing pihak. Hal ini menjadi rumusan dalam skripsi ini untuk meneliti lebih jauh praktek kemitraan dalam bisnis waralaba Alfamart studi kasus pada minimarket Alfamart Jl. Slamet Riayadi no. 203, Kartsura, Sukoharjo ditinjau dari hukum Islam dengan menggunakan teori syirkah. Apakah jenis kemitraan atau pola syirkah yang dipraktekkan dalam perjanjian waralaba Alfamart ? dan Adakah permasalahan atau perselisihan yang timbul dalam menjalankan kemitraan tersebut beserta cara penyelesaiannya ? Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang pada awalnya meneliti data sekunder, untuk kemudian dilanjutkan dengan penelitian terhadap data primer di lapangan atau terhadap masyarakat. Penelitian ini mendeskripsikan secara lengkap, obyektif dan menyeluruh mengenai kedudukan dan tanggung jawab kedua belah pihak dalam perjanjiaan waralaba, kemudian pelaksanaan dari perjanjian waralaba oleh kedua pihak yang berkaitan dengan konsep syirkah, serta permasalahan yang timbul dan cara mengatasinya kemudian menganalisanya sehingga diambil kesimpulan yang bersifat umum. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa masing-masing pihak baik PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk (franchisor) dan CV. Mulya Indah (franchisee) memiliki hak dan kewajiban yang berbeda. Baik modal, kerja, pembagian hasil dan rugi tidak sama, hal ini sesuai dengan syirkah ‘Inan dengan catatan bentuk modal tidak harus dalam bentuk uang, tetapi boleh dengan asset perniagaan, barang komoditas, jasa dan lain-lain yang dapat dinilai secara ekonomi. Dan dalam prakteknya, adanya pembelian hak merk alfamart yang merupakan syarat terjadinya syirkah. Franchisee dapat menggunakan hak merk tersebut hingga batas waktu tertentu yang telah disepakati. Dan dalam pelaksanaan ketentuan perjanjian waralaba tidak ditemukan adanya perselisihan atau suatu wanprestasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Akan tetapi, bila terjadi perselisihan atau wanprestasi, maka akan diselesaikan dengan musyawarah mufakat hingga ke Badan Arbitrase Nasional Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, dan Waralaba Minimarket Alfamart
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Syari'ah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2013 10:07
Last Modified: 10 May 2013 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item