Tingkat Pemahaman Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan

Mukhlisin, Mukhlisin (2013) Tingkat Pemahaman Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Terhadap Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (304kB)

Abstract

Pemahaman tentang Agama Islam membuat konsumen Muslim menjadi semakin selektif dalam pemilihan produk untuk dikonsumsi. Khusus di Indonesia, terdapat lembaga yang secara khusus bertugas melakukan audit terhadap produkproduk yang dikonsumsi oleh konsumen Muslim di Indonesia. Lembaga ini adalah Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Lembaga ini mengawasi produk yang beredar di masyarakat dengan cara memberikan sertifikat halal, sehingga produk yang telah memiliki sertifikat halal tersebut dapat memberi label halal pada produknya. Artinya produk tersebut secara proses dan kandungannya telah lulus diperiksa dan terbebas dari unsur-unsur yang dilarang oleh ajaran Islam. Walaupun demikian, realitas lapangan menunjukan ketidakpahaman terhadap produk yang bersertfikat halal sangat memperihatinkan, khusus bagi mahasiswa berpendidikan Islam seperti Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah beranggapan, sertifikat/label halal tidak penting untuk dipahami. Akibatnya ketidakpahaman semacam ini menjadikan suatu komunitas untuk tidak perduli terhadap urgensi sertifikat/lebel halal dalam produk tersebut. Permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap sertifikasi halal dalam produk makanan serta pengaruhnya terhadap pola pemilihan produk makanan tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap sertifikasi halal dalam produk makanan serta pengaruhnya terhadap pola pemilihan produk makanan. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan Fiel Research (penelitian lapangan) dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian akhir menunjukan bahwa, tingkat pemahaman rendah dengan indikator tidak bisa menjelaskan proses sertifikasi halal dan pengertiannya adalah jumlah yang mendominasi dengan jumlah rata-rata yaitu 58,9% responden yang menjawab sama secara esensial. Dengan jumlah ini dapat menentukan tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Agama Islam Unversitas Muhammadiyah Surakarta terhadap sertifikasi halal secara keseluruhan yaitu dalam kategori tingkat pemahaman rendah. Sedangkan pengaruh tingkat pemahaman mahasiswa Fakultas Agama Islam Unversitas Muhammadiyah Surakarta terhadap pola konsumsi atau pemilihan produk makanan adalah belum begitu signifikan atau masih banyak yang tidak perduli dengan labelisasi halal dalam suatu kemasan pada produk makanan, dikarenakan minimnya pemahaman tentang urgensi sertifikasi halal di Indondesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pengaruh, Sertifikasi Halal.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2013 09:56
Last Modified: 10 May 2013 09:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item View Item