Pengaruh Peragaan Keamanan Berkendara (Safety Riding) Terhadap Pengetahuan Disiplin Berlalu Lintas Pada Siswa Kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta

Nandipinta, Nisaulmahmudah (2013) Pengaruh Peragaan Keamanan Berkendara (Safety Riding) Terhadap Pengetahuan Disiplin Berlalu Lintas Pada Siswa Kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (666kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peragaan keamanan berkendara (safety riding) terhadap pengetahuan disiplin berlalu lintas pada siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta, serta untuk mengetahui tingkat pengetahuan disiplin berlalu lintas pada siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta sebelum atau sesudah diberikan peragaan keamanan berkendara (safety riding). Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah peragaan keamanan berkendara (safety riding) meningkatkan pengetahuan disiplin berlalu lintas pada siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta terbukti. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 17 orang. Sampel ini diambil dari siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta angkatan 2012/2013 yang berjumlah 178 orang. Sedangkan cara yang digunakan untuk mengambil sampel adalah purposive random sampling, dengan subjek yang memenuhi karakteristik sebagai berikut : a) Siswa kelas V SD Ta’mirul Islam Surakarta. b ) Memiliki skor pengetahuan disiplin berlalu lintas sedang dan agak tinggi pada saat screening. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre test and pos test design. Sedangkan alat pengumpul data menggunakan skala pengetahuan disiplin berlalu lintas dengan metode analisis data Wilcoxon match pairs test. Hasil analisis data menunjukkan hipotesis diterima, yaitu nilai p sebesar 0,0045 (p<0,01) menginterpretasikan bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan pada tingkat pengetahuan disiplin berlalu lintas sesudah dan sebelum diberikan peragaan keamanan berkendara (safety riding). Sedangkan pada peringkat rerata pengetahuan disiplin berlalu lintas pada saat pre test dan post test terdapat perbedaan yaitu rerata pre test sebesar 20,35 sedangkan untuk post test sebesar 22,06 sehingga terjadi selisih sebesar 1,71. Hasil ini menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan antara tingkat pengetahuan disiplin berlalu lintas sebelum (pre test) dan sesudah (post test) diberikan peragaan keamanan berkendara (safety riding).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peragaan keamanan berkendara (safety riding), pengetahuan disiplin berlalu lintas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 May 2013 07:38
Last Modified: 08 May 2013 07:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24067

Actions (login required)

View Item View Item