Hubungan Antara Persepsi Terhadap Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT. Krakatau Steel Cilegon

Dianniar, Allifia (2013) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT. Krakatau Steel Cilegon. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (103kB)

Abstract

Produksi atau produktivitas adalah dua hal yang mempunyai hubungan yang erat dan merupakan masalah yang pokok dalam perusahaan. Produksi merupakan suatu usaha untuk penghasilkan barang atau jasa, sedangkan produktivitas berkaitan erat sebagai cara pencapaian tingkat produksi. Produktivitas kerja karyawan dari suatu perusahaan memegang peranan yang sangat penting, karena maju mundurnya perusahaan sangat tergantung pada naik turunnya produktivitas kerja karyawan. Salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja adalah keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan perlu memelihara persepsi terhadap program K3 para karyawan, dimana kesehatan menyangkut kesehatan fisik maupun mental. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui hubungan antara Persepsi terhadap Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Produktivitas Kerja, Peranan Persepsi terhadap Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan Produktivitas Kerja, Tingkat Persepsi terhadap Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada perusahaan dan Tingkat Produktivitas kerja karyawan pada perusahaan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Krakatau Steel Cilegon bagian pabrik Cold Rolling Mill. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Krakatau Steel Cilegon bagian Pabrik Cold Rolling Mill (Pabrik Baja Lembaran Dingin). Sampel diambil sebanyak 92 karyawan. Data yang diperlukan diperoleh melalui skala persepsi terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja dan metode dokumentasi produktivitas kerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebagai berikut: nilai r = 0,781, p = 0,000 (p < 0,01). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara Persepsi terhadap Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan Produktivitas kerja, Semakin positif Persepsi Karyawan tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), semakin tinggi pula Produktivitas kerja, Peranan persepsi terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja dengan produktivitas kerja. Hasil koefisien determinan (r2) sebesar 0,610 atau pengaruh persepsi terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja memiliki pengaruh sebesar 61% sedangkan 39% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Terhadap Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Produktivitas Kerja.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2013 12:19
Last Modified: 07 May 2013 12:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24058

Actions (login required)

View Item View Item