Dampak Keberadaan Hutan Negara Terhadap Pendapatan Masyarakat Desa Hutan (MDH) Di Desa Gandusari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun 2009

Farika, Noorlia and , Drs. Priyono, M.Si (2013) Dampak Keberadaan Hutan Negara Terhadap Pendapatan Masyarakat Desa Hutan (MDH) Di Desa Gandusari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.halaman_Judul.doc.pdf

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang dengan tujuan: (1) Mengetahui pendapatan mayarakat desa hutan (MDH) di Desa Gandusari dengan adanya kegiatan pengelolaan hutan yang diadakan oleh PERUM PERHUTANI bersama masyarakat Desa Gandusari dari tahun 2009. (2) Mengetahui kontribusi hutan terhadap pendapatan masyarakat desa hutan (MDH) Desa Gandusari. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) Pendapatan masyarakat desa hutan di Dusun Grenjeng A dan Grenjeng B lebih baik daripada masyarakat desa hutan (MDH) di Dusun Cangakan dan Dusun Mirimunggul. Karena penyadap pinus mayoritas dari Dusun Grenjeng A dan Grenjeng B. (2) Pendapatan masyarakat desa hutan (MDH) di Desa Gandusari meningkat untuk seluruh dusun dengan adanya kegiatan pengelolaan hutan. Metode yang digunakan adalah metode survey bagi masyarakat desa hutan (MDH) Desa Gandusari dengan jumlah anggota MDH 74 anggota. Analisis statistik yang digunakan 2 macam analisis. Yaitu (1) Analisis product moment untuk menguji hubungan antara luas lahan garapan MDH dengan besar pendapatan MDH yang mengolah lahan hutan di bawah tegakan pinus. (2) Analisis korelasi ganda untuk menguji hubungan antara variabel luas lahan garapan dan banyaknya pohon sadapan dengan besar pendapatan masyarakat desa hutan (MDH) penyadap getah pinus. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kondisi perekonomian masyarakat desa hutan (MDH) Desa Gandusari, Kec.Bandongan, Kab.Magelang sebelum masuk LMDH Sleker Asri dilihat dari pendapatan paling rendah berpenghasilan antara Rp.200.000,00 – Rp.633.334,00 sebanyak 69% dari seluruh MDH. (2) Pendapatan masyarakat desa hutan (MDH) Desa Gandusari, Kec.Bandongan, Kab.Magelang meningkat penghasilan paling rendah Rp.700.000,00 – Rp.1.666.667,00 sebanyak 61% dari jumlah anggota LMDH. (3) Pendapatan ratarata MDH setelah bergabung meningkat 122%. Berdasarkan hasil perhitungan analisis dapat diketahui bahwa hubungan antara luas lahan garapan dengan pendapatan total MDH yang mengelola lahan di bawah tegakan pinus adalah negatif, sedangkan luas lahan garapan dan banyaknya pohon sadapan dengan pendapatan total MDH penyadap pinus rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendapatan mayarakat desa hutan,pengelolaan hutan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 May 2013 12:46
Last Modified: 07 Nov 2021 14:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item