Stereotype Islam Sebagai Agama Teroris ( Studi Semiotika Komunikasi Mengenai Representasi Islam Sebagai Agama Teroris dalam Film Four Lions).

ROSANDY, FEDLY (2013) Stereotype Islam Sebagai Agama Teroris ( Studi Semiotika Komunikasi Mengenai Representasi Islam Sebagai Agama Teroris dalam Film Four Lions). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._COVER.PDF

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (403kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (292kB)

Abstract

Terorisme adalah salah satu isu global yang menjadi momok bagi masyarakat dunia. Terorisme yang terjadi sering dikaitkan dengan agama tertentu sehingga muncul stereotype mengenai sebuah agama tertentu. Munculnya stereotype tentang islam dan terorisme ini tidak lain dibangun melalui pesanpesan yang dibawa oleh media massa. Film adalah salah satu media massa yang digunakan dalam praktek komunikasi massa. Sebagaimana fungsi dari sebuah media massa, film juga menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan. Dan film Four Lions ini menggambarkan mengenai stereotype Islam yang berkaitan dengan tindakan terorisme. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menginterpretasikan tanda-tanda mengenai pengatribusian yang dapan membangun stereotype tentang umat Muslim yang selalu diidentikkan dengan kekerasaan dan terorisme yang terdapat dalam film Four Lions Penelitian ini termasuk studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan metodologi semiotika komunikasi. Data di dalam penelitian ini adalah dengan melihat dan mengamati scene-scene yang terdapat pada film Four Lions yang berfokus pada visualisasi simbol baik verbal maupun non verbal. Serta melakukan studi pustaka (literature research) melalui buku-buku, literatur, internet, dan sumber-sumber lainnya. Melalui gabungan antara scene-scene terpilih dan datadata tertulis, penulis melakukan analisis dengan menggunakan tanda-tanda yang terdapat di dalam film Four Lions, dengan teori semiotika Roland Barthes. Analisis dilakukan melalui dua tahap, yaitu signifikasi tingkat pertama, yaitu makna denotasi yang terkandung di dalam scene-scene tersebut dan dilanjutkan dengan signifikasi tahap kedua, yaitu dengan menguraikan makna konotasinya. Dalam tahap ini terkandung mitos. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya tanda-tanda pada scene yang mengarahkan keterkaitan mengenai Islam sebagai agama teroris. Sehingga pesan yang ingin disampaikan film ini menjadikan audience memiliki sebuah gambaran tentang stereotype mengenai Islam dan seorang muslim yang memiliki kesamaan atribut, maupun perilaku seperti di dalam film ini adalah bagian dari kelompok tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Semiotik, Stereotype, Islam, Terorisme, Film.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 May 2013 11:56
Last Modified: 06 May 2013 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24039

Actions (login required)

View Item View Item