Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Humas Pt. Pln (Persero) Apj Surakarta Untuk Meyakinkan Pelanggan Dalam Kampanye Penggunaan Produk PLN Prepaid

Putri, Dewi Migina and , Dian Purworini, S. Sos. MM and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2013) Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Humas Pt. Pln (Persero) Apj Surakarta Untuk Meyakinkan Pelanggan Dalam Kampanye Penggunaan Produk PLN Prepaid. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (602kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (325kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari beberapa permasalahan yang timbul pada meteran listrik pascabayar. Solusi yang diberikan oleh PLN dengan mengeluarkan Prepaid/ listrik prabayar mengalami kendala pada kepercayaan dan keyakinan masyarakat tentang keberhasilan Prepaid. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh humas dalam kampanye penggunaan produk PLN Prepaid dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh humas dalam meyakinkan calon pelanggan listrik prabayar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di PT. PLN Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu strategi PLN dalam mengkampanyekan penggunaan produk PLN Prepaid dilakukan melalui beberapa langkah (menentukan khalayak sasaran, menentukan metode komunikasi, menentukan pesan yang akan disampaikan, dan memilih media komunikasi). Khalayak sasaran PLN adalah pelanggan pascabayar yang menggunakan daya listrik kecil (450VA, 900VA, 1300VA) dan para pelanggan baru. PLN mengutamakan metode penyampaian informasi dan persuasi untuk menyampaikan pesan kepada khalayak. Pada intinya, pesan yang ingin disampaikan oleh PLN tentang Prepaid mengemukakan kebebasan dalam menggunakan listrik prabayar dan tentu saja seruan menggunakan listrik prabayar sebagai solusi yang lebih pintar. Pesan ini disampaikan melalui media cetak, media elektronik, media luar ruangan, dan sosialisasi secara langsung. Untuk meyakinkan pelanggan, humas PLN menggunakan 4 metode persuasi (stimulus respons, kognitif, motivasi, dan sosial).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PLN, humas, strategi komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 06 May 2013 11:19
Last Modified: 22 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item