Pola Distribusi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha Jasa Penggilingan Padi di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten

Mariyadi , Joko (2013) Pola Distribusi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha Jasa Penggilingan Padi di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
HALMAN_JUDUL.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (398kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Polaharjo Kabupaten Klaten dengan judul “Pola Distribusi Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlangsungan Usaha Jasa Penggilingan Padi Di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten”. Bertujuan mengetahui bagaimana pola distribusi jasa penggilingan padi di Kecamatan Polanharjo, jangkauan pelayanan yang dilakukan oleh pengusaha jasa penggilingan padi,faktor- faktor yang mempengaruhi keberlangsungan jasa penggilingan padi di Kecamatan Polanharjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus, yaitu dengan mendata semua sumber informasi menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Untuk analisis data menggunakan software arcview dan analisis tabel frekuensi dan tabel silang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1. untuk pola distribusi usaha jasa penggilingan padi di Kecamatan Polanharjo berpola random,dengan melihat hasil skala T (Indeks penyebaran tetangga terdekat)yaitu 1,2 yang diperoleh dari analisis menggunakan software arcview, 2. Untuk jangkauan pelayanan masih dilakukan oleh masyarakat yang berada di Kecamatan Polanharjo sendiri dan hanya ada 4 desa yang menggunakan usaha jasa penggilingan yang berada di luar Kecamatan Polanharjo,hal ini dikarenakan untuk masyarakat pedesaan masih menganut sistem kekeluargaan, jadi mereka tidak menggilingkan padi mereka ketempat lain kalau ditempat mereka sendiri ada,tetapi untuk ke 4 desa yang berada di luar Kecamatan Polanharjo ini di sebabkan didaerah mereka tidak ada usaha jasa penggilingan padi dan akses jalannya lebih dekat dari daerah lain, 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan usaha jasa penggilingan padi adalah modal,tenaga kerja dan pendapatan. Setelah dilakukan analisis diperoleh hubungan antara modal dengan tenaga kerja, bahwa semakin besar modal maka semakin besar tenaga kerja yang digunakan dengan rata-rata modal yang digunakan sebesar Rp.200.000.000 dengan tenaga kerja yang digunakan sejumah 10-13 orang. Selanjutnya untuk hubungan antara pendapatan dengan tenaga kerja yaitu dari hasil analisis diperoleh bahwa semakin besar pendapatan yang diperoleh maka semakin besar pula jumlah tenaga kerja yang digunakan dengan rata-rata pendapatan yang diperoleh sebesar Rp.3.000.000 dengan jumlah tenaga kerja yang digunakan sejumlah 6-13 oarang.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi keberlangsungan usaha jasa penggilingan padi adalah modal,tenaga kerja dan pandapatan,semakin besar modal yang dimiliki maka semakin besar pendapatan yang diperoleh dan semakin besar penggunaan tenaga kerja maka semakin besar pendapatan yang diperoleh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: faktor yang mempengaruhi keberlangsungan jasa huller, modal,tenaga kerja dan pendapatan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2013 08:56
Last Modified: 06 May 2013 10:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24028

Actions (login required)

View Item View Item