Studi Pengaruh Temperatur Dan Kebisingan Terhadap Hasil Kerja (Studi kasus: Laboratoris Pada Ruang Iklim Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi FTI - UMS)

Susilo, Agus (2013) Studi Pengaruh Temperatur Dan Kebisingan Terhadap Hasil Kerja (Studi kasus: Laboratoris Pada Ruang Iklim Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi FTI - UMS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (353kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Dalam suatu lingkungan kerja, manusia mempunyai peranan yang paling utama dalam kerja dimana manusia berperan sebagai perencana dan perancang suatu sistem kerja. Di dalam melakukan pekerjaannya manusia selalu dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantaranya faktor yang berpengaruh tersebut adalah kondisi lingkungan kerja dan kondisi fisik manusia. Penelitian ini adalah perakitan suatu produk yaitu tamiya dengan empat perlakuan yang dilakukan pada ruang iklim di Laboratorium Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dengan tujuan untuk mengetahui jumalah produk yang dirakit oleh tiap-tiap responden dengan kondisi ruangan yang sudah di tentukan. Untuk mengetahui hasilnya tersebut digunakan uji Homogenitas dan uji Analisis Varian Dua Jalan (Two Ways ANOVA). Setelah dilakukan perakitan terhadap 20 responden dalam 4 perlakuan lalu dilakukannya pengujian statistik dengan menggunakan uji Homogenitas dan uji Analisis Varian Dua Jalan (Two Ways ANOVA), didapat bahwa temperatur tidak berpengaruh terhadap perakitan produk, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi dengan nilai (Sig) adalah 0.005. Oleh karena itu nilai probabilitas 0.005 < 0.05, maka ditolak yang berarti bahwa temperatur tidak berpengaruh terhadap hasil kerja. Dan sebaliknya kebisingan berpengaruh terhadap perakitan produk, hal ini dapat dilihat dari nilai Signifikansi adalah 0.187 > 0.05. Hal ini berarti adanya hubungan yang signifikan antara variabel independen (kebisingan) dengan variabel dependen (jumlah produk yang dirakit).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Kerja, Temperatur, Kebisingan, Uji Two Ways ANOVA.
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2013 07:07
Last Modified: 06 May 2013 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24017

Actions (login required)

View Item View Item