Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Alat Peraga Kantong Pintar Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012 / 2013

MARIASIH, MARIASIH and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2013) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Alat Peraga Kantong Pintar Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (448kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (133kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif khususnya kemampuan dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali dengan menggunakan alat peraga kantong pintar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 sebanyak 20 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III, menunjukkan adanya perkembangan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase rata-rata kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan dari kondisi awal sebesar 44,1%, pada siklus I 60,2%, pada siklus II 73,65%, dan siklus III sebesar 85,45%. Dengan demikian, penggunaan alat peraga kantong pintar dapat mengembangkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Aisyiyah II Pandeyan Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013, melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat peraga yang digunakan; (2) Peneliti mendemonstrasikan kegiatan bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti mengajak anak bermain berhitung, tebak angka, dan meronce kartu gambar dengan urut dari 1-20; (4) Peneliti dan anak membuat kesimpulan tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5) Peneliti memberikan reward pada anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, dan memberikan motivasi pada anak yang belum mampu dalam melakukan kegiatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Alat Peraga Kantong Pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 May 2013 11:24
Last Modified: 28 Oct 2021 03:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item