Pengaruh Variasi Bahan terhadap Sifat Fisis dan Sifat Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor dengan Bahan Dasar Fiberglass, Serbuk Alumunium, Serbuk Tembaga dan Resin Phenolic

Kusuma, Rahmat and , Ir. Pramuko Ilmu Purboputro, M.T. and , Ir. Agus Haryanto, M.T. (2013) Pengaruh Variasi Bahan terhadap Sifat Fisis dan Sifat Mekanis Kopling Gesek Sepeda Motor dengan Bahan Dasar Fiberglass, Serbuk Alumunium, Serbuk Tembaga dan Resin Phenolic. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
halaman_lampiran2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (709kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komposisi bahan dengan menggunakan fraksi berat serbuk alumunium, serbuk tembaga, fiberglass dan resin phenolic terhadap keausan, kekerasan dan foto makro dari specimen kampas kopling dengan perbandingan kampas kopling X dipasaran. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk alumunium, serbuk tembaga, fiberglass, dan resin phenolic. Kemudian dalam pembuatan dilakukan proses kompaksi dengan gaya sebesar 4 Ton dan ditahan selama 60 menit. Setelah mencapai holding time yang diinginkan, dies (cetakan) dimasukkan kedalam oven dan dilakukan proses sintering dengan suhu 800 C selama 40 menit dan specimen dikeluarkan dari cetakan. Setelah didapat tiga specimen kampas kopling variasi serbuk alumunium, serbuk tembaga, dan fiberglass lalu dilakukan proses pengujian kekerasan Brinell dengan standar ASTM F 1957-99 dan pengujian keausan dengan standar ASTM D 3702-94 kemudian dilakukan foto makro untuk melihat kepadatan dan sifat masing-masing bahan penyusun specimen kampas kopling. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa komposisi bahan dengan fraksi berat serbuk alumunium sebesar 40 %, serbuk tembaga sebesar 20%, fiberglass 20 %, resin phenolic 20% didapat harga kekerasan 4,098 Kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,14 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,19 mm/jm. Sehingga mendekati harga kampas kopling X dengan harga kekerasan 3,974 Kg/mm2, harga keausan uji kering sebesar 0,15 mm/jm dan harga keausan uji basah pengaruh oli sebesar 0,20 mm/jm.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kampas kopling, serbuk alumunium, serbuk tembaga, fiberglass, kekerasan, keausan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 02 May 2013 06:18
Last Modified: 04 Nov 2021 15:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23988

Actions (login required)

View Item View Item