Segmentasi Dan Persepsi Pengguna Terhadap Pelayanan Parkir Di Pusat Perbelanjaan Singosaren Plaza Kota Surakarta

Ningrum, Emilia Cahyanti Kusriana and , Ika Setiyaningsih, S.T., M.T. and , Drs. H. Gotot Slamet Mulyono, M.T. (2013) Segmentasi Dan Persepsi Pengguna Terhadap Pelayanan Parkir Di Pusat Perbelanjaan Singosaren Plaza Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
(3)__HALAMANDEPAN.pdf

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
(4)____BAB_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Bab II)
(5)____BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Bab III)
(6)____BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[img] PDF (Bab IV)
(7)___BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
(8)___BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
(9)____BAB_VI.doc_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
(10)____DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
(11)____LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
(2)______NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pusat perbelanjaan Singosaren Plaza menjadi sasaran utama masyarakat dalam melakukan aktivitas yang menunjang gaya hidup mereka. Tempat ini menyediakan fasilitas off street parking (gedung)yang bisa digunakan sebagaimana fungsinya agar penggunaannya maksimal dan tidak selalu memanfaatkan on street parking (parkir di bahu jalan). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui segmentasi pengguna parkir, mengetahui tingkat kepuasan pengguna, dan mengetahui kesenjangan kepuasan pengguna terhadap pelayanan parkir di Singosaren Plaza. Metodelogi penelitian ini pada tahap awal adalah penentuan jumlah sampel untuk penyebaran kuisioner, kemudian dari variabel-variabel pertanyaan yang sudah ada maka di uji validitas dan reliabilitas, untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut sudah valid dan reliabel. Kemudian setelah variabel pertanyaan dinyatakan valid dan reliabel maka kuisioner sudah siap untuk disebar kepada responden pengguna parkir. Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul, maka dapat dihitung dan diketahui apa yang yang akan ditinjau, yaitu segmentasi dengan prosentasekarakteristik pengguna, kepuasan pengguna dengan metode Importance Performance Analysis (IPA), dan kesenjangan yang terjadi akan harapan dan kinerja pengelola parkir dengan Gap Analysis. Segmentasi pengguna pemilihan parkir on street parking sebagian besar digunakan oleh pengguna yang bertujuan ke lantai 1 untuk membeli HP dan sebagian besar mereka tidak tahu akan fasilitas off street parking di lantai 4. Sedangkan off street parking sebagian besar di gunakan oleh pengguna yang bertujuan ke aksesoris hp, serta matahari lantai 3. Tingkat kepuasa yang ditunjukkan dengan masih banyaknya variabel yang berada di kuadran A, maka kinerja pelayanan on street parking dan off street parking dinilai belum memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pengguna belum merasakan tingkat kepuasan yang sesuai dengan harapannya. Dari hasil peneletian rata – rata kepuasan sebesar 3,20 dan harapannya adalah 4,24 untuk on street parking. Sedangkan off street parking harapan sebesar 4,25 dan persepsinya 3,2. Itu artinya harapannya lebih besar dari kinerja yang ada. Kesenjangan paling yang terjadi di setiap dimensi pelayanan menunjukkan on street parking terjadi pada dimensi Assurance dengan nilai 1,16. Sedangkan untuk off street parking kesenjangan paling tinggi terdapat pada on street parking terjadi pada dimensi Tangibels dengan nilai kesenjangan 1,2. Sehingga pengelola jasa seharusnya meningkatkan kinerja pelayanan parkir di Singosaren Plaza tersebut agar tidak terjadi kesenjangan dan memenuhi harapan pengguna.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: segmentasi, kepuasan, kesenjangan, on street parking, off street parking
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 May 2013 08:38
Last Modified: 02 Nov 2021 14:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23965

Actions (login required)

View Item View Item