Pengaruh pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama terhadap perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu di SDLB B YPPLB Ngawi

Susilowati, Endang and , Prof. Dr. dr. M Fanani Sp. KJ (K) and , dr. Erna Herawati (2013) Pengaruh pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama terhadap perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu di SDLB B YPPLB Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikai)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (465kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)

Abstract

Anak tuna rungu dalam kondisinya yang khusus atau luar biasa dengan berbagai kesulitannya mempunyai dua permasalahan yaitu pada pendengarannya dan hambatan dalam berkomunikasi. Sisa pendengaran anak tuna rungu dapat dilatih dengan latihan Bina Persepsi Bunyi dan Irama (BPBI), anak tuna rungu juga dapat melatih otot-otot berbicaranya sehingga dapat berkomunikasi mendekati anak normal lainnya. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama terhadap perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu di SDLB B (Sekoah Dasar Luar Biasa untuk tuna rungu) YPPLB (Yayasan Pembinaan Pendidikan Luar Biasa) Ngawi. Desain penelitian menggunakan metode penelitian analitik observasional (non-experiment) dengan rancangan retrospective. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2012 di SDLB B YPPLB Ngawi dengan sampel anak tuna rungu kelas V SD yang mempunyai tingkat ketunarunguan 27-40 dB (kesulitan tingkat ringan). Teknik pengambilan sampel dengan metode total sampling. Instrumen penelitian berupa nilai rapor awal masuk (tahun 2007) dan kelas V SD (tahun 2012). Pengaruh pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama terhadap perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu dianalisis dengan uji Wilcoxon dengan program SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama terhadap perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan komunikasi anak tuna rungu berbanding lurus dengan pembelajaran Bina Persepsi Bunyi dan Irama. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan significancy 0,001 (p=0,001). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi lembaga sekolah tentang masalah perkembangan kemandirian komunikasi anak tuna rungu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tuna Rungu, BPBI, Komunikasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 30 Apr 2013 12:19
Last Modified: 03 Nov 2021 14:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23957

Actions (login required)

View Item View Item