Uji Kuat Lentur Dinding Panel Menggunakan Tulangan Anyaman Bambu Dengan Agregat Pecahan Genteng Sebagai Pengganti Kerikil (Agregat Kasar)

Paryono, Paryono and , H. Muhammad Ujianto, S.T., M.T. and , H. Muhammad Ujianto, S.T., M.T. (2013) Uji Kuat Lentur Dinding Panel Menggunakan Tulangan Anyaman Bambu Dengan Agregat Pecahan Genteng Sebagai Pengganti Kerikil (Agregat Kasar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (104kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (120kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_-_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikas)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada umumnya tembok atau dinding dibuat dari pasangan bata merah yang dilapisi dengan mortar, pada volume besar dan letak bangunan di daerah yang memerlukan perlakuan khusus, seperti didaerah gempa dan bangunan gedung bertingkat. Pembuatan dinding dengan bata merah yang dikerjakan di lapangan menimbulkan dampak yang tidak baik, seperti pekerjaan lama, boros tenaga kerja, memiliki berat jenis tinggi dan berbahaya ketika terjadi gempa. Untuk itu dibuatlah alternatif pengganti dinding pasangan batu bata dengan menggunakan dinding panel tulangan anyaman bambu dengan agregat pecahan genteng yang lebih tipis, ringan dan memiliki kekuatan yang tidak kalah dari dinding pasangan batu bata, bahkan kekuatan dari dinding panel ini bisa melebihi dari dinding batu bata. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kuat lentur dinding panel dan dinding batu bata, mengetahui perbadingan berat jenis, mengetahui tebal optimum dinding panel yang sesuai dengan dinding batu bata ukuran 14 cm x 50 cm x 120 cm, serta mengetahui perbandingan kekakuan. Dinding panel tulangan anyaman bambu dibuat dengan 3 variasi, yaitu ukuran 9x50x120 cm sebanyak 3 benda uji, ukuran 10x50x120 cm sebanyak 3 benda uji dan ukuran 11x50x120 cm sebanyak 3 benda uji, sedangkan dinding pasangan batu bata ukuran 14x50x120 cm sebanyak 3 benda uji. Perencanaan campuran adukan beton dengan metode SNI-15-1990-03, dengan faktor air semen 0,40. Pengujian dilakukan ketika benda uji berumur 44 hari. Hasil pengujian kuat tekan silinder beton didapat nilai rata-rata sebesar 18,440 MPa. Hasil pengujian kuat lentur dinding panel tebal 10 cm kondisi Mretak teoritis rata-rata sebesar 3,101 kNm dan hasil pengujian kuat lentur dinding panel tebal 10 cm kondisi Mretak eksperimen rata-rata sebesar 3,330 kNm, sedangkan hasil pengujian kuat lentur dinding pasangan batu bata tebal 14 cm kondisi Mretak teoritis rata-rata sebesar 2,700 kNm dan hasil pengujian kuat lentur dinding pasangan batu bata tebal 14 cm kondisi Mretak eksperimen rata-rata sebesar 3,305 kNm. Hasil pengujian berat jenis dinding panel tebal 10 cm rata-rata sebesar 1,598 ton/m3, sedangkan dinding pasangan batu bata tebal 14 cm rata-rata sebesar 2,192 ton/m3. Dari hasil pengujian diatas menunjukkan bahwa dinding panel secara teoritis memiliki kuat lentur lebih tinggi, yaitu sebesar 12,93 % dan secara eksperimen kuat lenturnya hampir sama, hanya selisih 0,75 %, sedangkan dari hasil berat jenis menunjukkan dinding panel relatif lebih ringan, yaitu sebesar 27,1 % lebih ringan dibandingkan dinding pasangan batu bata, sehingga cocok untuk dinding pada gedung tahan gempa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: agregat pecahan genteng, dinding panel, kuat lentur, tulangan anyaman bambu.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2013 12:01
Last Modified: 03 Nov 2021 15:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23955

Actions (login required)

View Item View Item