Evaluasi Penetapan Tarif Kereta Api Sancaka (Studi Kasus: Kereta Api Sancaka Jurusan Yogyakarta – Surabaya)

Prajawan, Dwi Oktavian and , Ir. H. Nyamadi P, M.T. and , Drs. H. Gotot Slamet Mulyono, M.T. (2013) Evaluasi Penetapan Tarif Kereta Api Sancaka (Studi Kasus: Kereta Api Sancaka Jurusan Yogyakarta – Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
01._File_Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab VI)
07.BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.File_Daftar_Pustaka.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
12.File_Naskah_Publikasi.pdf

Download (281kB)

Abstract

Dalam menentukan moda angkutan yang akan digunakan oleh pengguna jasa angkutan umum, sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu jenis pelayanan moda angkutan yang disediakan oleh penyedia jasa angkutan umum. Moda angkutan itu antara lain adalah KA Sancaka Yogyakarta-Surabaya dengan perjalanan sejauh 311 Km ditempuh dalam waktu kurang dari 5 jam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui besarnya biaya operasional kereta api, membandingkan besarnya tarif lapangan dengan tarif berdasar BOKA, kemampuan dan kemauan penumpang untuk membayar. Obyek penelitian adalah KA Sancaka Jurusan Yogyakarta–Surabaya dengan tipe CC 203. Waktu penelitian pada hari Senin, 29 November 2010, Jum’at, 2 Desember 2010, Sabtu, 3 Desember 2010. Data-data yang diperlukan berupa data primer (karakteristik kereta api atau stamformasi kereta, fasilitas, jumlah awak dan data kuisioner) dan data sekunder (nama dan jumlah stasiun pemberhentian, komponen biaya operasional kereta api, jadwal dan frekuensi perjalanan kereta api, jumlah penumpang, serta tarif KA. Sancaka). Biaya operasi kereta api (BOKA) sebesar Rp 15.457.268.228,00 per tahun terdiri dari biaya operasi langsung (BOL) sebesar Rp 12.529.674.600,00 dan biaya operasi tak langsung (BOTL) sebesar Rp 2.927.593.628,00. Besar tarif KA Sancaka berdasarkan analisis dengan load faktor 86.13% untuk KA Sancaka eksekutif Rp 76.780,00/pnp, bisnis Rp 55.020. Tarif berdasar kemampuan membayar (Ability To Pay) eksekutif Rp 71.999,00, bisnis Rp 34.095, kemauan membayar (Willingness To Pay) eksekutif sebelum perbaikan Rp 66.899,00, setelah perbaikan Rp 83.499,00, bisnis sebelum perbaikan Rp 50.099,00, setelah perbaikan Rp 56.799,00. Tarif yang layak diberlakukan oleh PT KAI untuk KA Sancaka Eksekutif Rp 107.400,00 dan Bisnis Rp 77.980,00.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya Operasi Kereta Api (BOKA), Tarif, ATP, WTP.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2013 11:01
Last Modified: 03 Nov 2021 15:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23943

Actions (login required)

View Item View Item