KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM SUNAN KALIJAGA TAHUN AJARAN 2007/2008

NAJMUDIN , MUHAMMAD IMAM (2008) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR ISLAM SUNAN KALIJAGA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060118.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
G000060118.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)

Abstract

Perubahan kurikulum sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus segera dilaksanakan. Oleh karena itu semua pihak yang menginginkan perbaikan kualitas pendidikan harus segera berbenah untuk menyongsong kurikulum baru tersebut. Setelah sebelumnya kurikulum yang berlaku di negara kita adalah KBK, maka tahun 2006 telah diberlakukan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Tanggapan dari berbagai pihak mengenai pelaksanaan KTSP, bahwa kurikulum ini sangat menuntut kesiapan guru dan sekolah dalam menghadapinya. Dalam hal ini sebaik apapun sebuah kurikulum, jika tidak didukung oleh kesiapan guru, maka semua itu akan berjalan kurang optimal. Padahal sosialisasi KTSP belum merata keseluruh guru, sehingga banyak guru yang masih belum memahami dengan baik apa dan bagaimana cara mengimplementasikan KTSP Sekolah dasar Islam Sunan Kalijaga adalah salah satu sekolah dasar Islam yang telah melaksanakan kurikulum 2006, hal ini ditandai dengan diterbitkannya buku panduan KTSP sekolah dasar Islam Sunan Kalijaga, yang di tanda tangani oleh dinas yang terkait. Tetapi anehnya banyak diantara guru menurut pengamatan penulis yang belum tahu apa dan bagaimana cara mengimplementasikan KTSP. Melihat kenyataan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan Bagaimana kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan KTSP di SD Islam Sunan Kalijaga Tahun Ajaran 2007/2008 bila ditinjau dari komponenkomponen yang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga Surakarta dalam penerapan KTSP bila ditinjau dari komponen-komponen yang mendukung pelaksanaan KTSP. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga, dan objeknya adalah kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan, dimana cara kerjanya adalah dengan melihat dan mengamati proses di sekolah. Adapun sumber data diperoleh dari personal objek penelitian yang kompeten yakni guru Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga. Metode pegumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis menggunakan metode deskriptif. Sedang alur penelitian menggunakan alur interaksionis yaitu pengumpulan data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kesiapan guru Pendidikan Agama Islam Sunan Kalijaga adalah belum optimal, jika dilihat dari komponen yang diteliti, meliputi kualifikasi akademik, menjabarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, pengembangan silabus, pengembangan program, rencana pembelajaran, mengidentifikasikan kebutuhan peserta didik, Penyusunan Rencana pelaksanaan pembelajaran, mendesain materi pembelajaran, mendesain tujuan pembelajaran, mendesain metode pembelajaran, mendesain media pembelajaran dan mendesain evaluasi pembelajaran. Hal ini lebih disebabkan tidak adanya monitoring dari kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM ENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 10 Jun 2009 07:06
Last Modified: 16 Nov 2010 23:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2394

Actions (login required)

View Item View Item