Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pendidikan Perseroan Terbatas Berdasarkan UU PT. No 40 Tahun 2007 (Studi Kasus Kantor Notaris Di Surakarta)

Pamungkas, Handhito Damar (2013) Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pendidikan Perseroan Terbatas Berdasarkan UU PT. No 40 Tahun 2007 (Studi Kasus Kantor Notaris Di Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (886kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (504kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris. Tempat yang digunakan untuk penelitian adalah kantor Notaris di Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui syarat-syarat yang diperlukan dalam pelaksanaan pendirian PT berdasarkan UU PT No 40 tahun 2007, isi dan bentuk akta pendirian PT berdasarkan UU PT No 40 tahun 2007, permasalahan yang dihadapi oleh Notaris dalam pendirian PT menurut UU PT No 40 tahun 2007. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa syarat pelaksanaan pendirian Perseroan Terbatas berdasarkan UU PT. No 40 tahun 2007 dimana Perseroan didirikan oleh 2 (dua) orang atau lebih, setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, akta pendirian harus disahkan oleh menteri kehakiman, Modal dasar minimal Rp. 50.000.000,00 modal disetor minimal 25% dari modal dasar minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris. Isi dan bentuk Akta pendirian Perseroan Terbatas oleh Notaris memuat Anggaran Dasar, yang mempunyai klausal yang bersifat standar dan telah disesuaikan dengan UU PT No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, yakni nama dan tempat kedudukan Perseroan, jangka waktu pendirian Perseroan, besarnya modal yang ditempatkan dan modal yang disetor, saham Perseroan, penetapan tempat dan tata cara penyelenggaraan RUPS. Permasalahan Notaris dalam pendirian PT sendiri dalam proses pembuatannya dimana pendirian PT sudah tercantum di dalam pasal 8 UU PT No. 40 tahun 2007 baik sejak pembuatan akta pendirian di Menkum HAM RI maupun pada saat pengumumannya di Berita Negara tidak ada permasalahan karena pada saat pengumuman diberita Negara sudah tercantum pada Pasal 2 ayat 1 jo ayat (2) tentang tata cara pengumuman Perseroan Terbatas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Tentang Pelaksanaan Pendirian Perseroan Terbatas
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2013 06:21
Last Modified: 30 Apr 2013 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23930

Actions (login required)

View Item View Item