Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada PT. Federal Internasional Finance Cabang Kota Kudus

Suraya, Anita Ayu Noor (2013) Pelaksanaan Perjanjian Pembiayaan Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Pada PT. Federal Internasional Finance Cabang Kota Kudus. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (742kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (296kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (633kB)

Abstract

Adanya lembaga pembiyaan merupakan hal yang sangat positif karena adanya lembaga ini, usaha-usaha yang kekurangan modal dapat dibantu dalam melaksanakan kegitanya. Hal itu mengingat bahwa peranan yang menonjol dari lembaga pembiayaan ini adalah menyediakan dana bagi masyarakat yang memerlukan sumber dana. PT. Federal International Finance (FIF) merupakan salah satu lembaga pembiayaan yang memfokuskan kegiatan bisnisnya di bidang pembiayaan konsumen guna membiayai kredit sepeda motor khusus merek Honda. Untuk memperoleh kepastian hukum antara para pihak yang bersangkutan maka dibuatlah perjanjian pembiayaan konsumen. Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengetahui bentuk dan isi dari perjanjian pembiayaan kendaraan sepeda motor pada PT. FIF dan untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian pembiayaan kendaraan sepeda motor pada PT.FIF serta untuk mengetahui Permasalahan yang muncul didalam perjanjian pembiayaan di PT. FIF dan cara mengatasinya. Hasil penelitianya menunjukan bahwa bentuk dan isi perjanjian yang dibuat PT.FIF Cabang Kota Kudus merupakan perjanjian baku (perjanjian standar) dalam sistem terbuka yang mengenal adanya asas kebebasan berkontrak dalam hukum perjanjian dan dalam perjanjian tersebut harus dituangkan dalam bentuk tulisan. PT. Federal International Finance (FIF) selaku pemberi fasilitas adalah menerima angsuran hutang pembiayaan dari konsumen dan kewajibannya adalah memberikan pinjaman uang melalui fasilitas pembiayaan dengan jaminan hak milik secara fidusia kepada konsumen untuk pembelian sepeda motor. konsumen selaku penerima fasilitas adalah menerima fasilitas dana pembiayaan atas pembelian sepeda motor dan kewajibannya adalah melunasi hutang pembiayaan secara angsuran. Wanprestasi yang terjadi adalah tidak dipenuhinya kewajiban yang telah ditentukan dalam perjanjian. Akibatnya PT. Federal International Finance (FIF) dapat mengakhiri perjanjian dan meminta pelunasan hutang pembiayaan kepada konsumen. Cara penyelesaian jika terjadi wanprestasi yaitu dengan bernegosiasi antara PT. Federal International Finance (FIF) dengan konsumen dalam hal pelunasan hutang pembiayaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Betuk Perjanjian, Pembiayaan Konsumen, wanprestasi.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2013 12:00
Last Modified: 29 Apr 2013 13:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item