Perbandingan Kuantitas Bakteri Coliform pada Limbah Cair Sebelum dan Sesudah Pengolahan Limbah Menurut Sistem DEWATS di RSIYarsis Surakarta.

Hardanik, Afgrin Tri and , Prof. Dr. J. Priyambodo, dr., M.Si., Sp.MK (K) and , dr. Anika Candrasari (2013) Perbandingan Kuantitas Bakteri Coliform pada Limbah Cair Sebelum dan Sesudah Pengolahan Limbah Menurut Sistem DEWATS di RSIYarsis Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (BAb III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Rumah sakit dalam upayanya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, juga menghasilkan produk samping berupa sampah dan limbah yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan bila tidak dikelola dengan baik, karena semua limbah cair rumah sakit kemungkinan mengandung bahan kimia, infeksius dan radioaktif. Salah satu upaya tersebut untuk mencegah terjadinya pencemaran air yang berasal dari limbah cair diperlukan adanya pengolahan limbah, dimana air buangan yang keluar dari tempat pengolahan limbah tersebut diharapkan mutunya sudah memenuhi syarat baku mutu limbah yang telah ditentukan. Salah satu sistem pengolahan limbah cair rumah sakit adalah menggunakan sistem DEWATS, namun masih banyak rumah sakit yang belum mengetahui efektifitas pengolahan limbah dalam menurunkan bakteri coliform yang ada di air limbah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kuantitas bakteri Coliform pada limbah cair sebelum dan sesudah pengolahan limbah menurut sistem DEWATS di RSI Yarsis Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental Research dengan desain pretest and posttest. Untuk menguji kemaknaan hubungan antara dua variabel tersebut digunakan uji Willcoxon-Rank Test. Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian 20 sampel limbah cair sebelum dan sesudah pengolahan didapatkan hasil rata-rata > 12000/100 ml. Hal ini menunjukkan bahwa dua rata-rata kuantitas sebelum dan sesudah pengolahan limbah adalah tidak ada penurunan jumlah coliform. Pada uji statistik didapatkan dengan nilai (p) signifikansi 1.00. Nilai p tersebut adalah > 0.05, maka dapat disimpulkan bahwa distribusi data yang ada tidak signifikan. Sehingga berdasarkan hipotesis sebelumnya jika p > 0.05 maka H0 diterima. Hal ini karena data yang seragam seperti ini jika diolah dalam bentuk uji beda tidak akan bermakna. Kesimpulan: Tidak ada perubahan kuantitas bakteri Coliform pada limbah cair sebelum dan sesudah pengolahan limbah menurut sistem DEWATS di RSI Yarsis Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kuantitas, coliform, pengolahan limbah, limbah cair, DEWATS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:46
Last Modified: 03 Nov 2021 14:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23917

Actions (login required)

View Item View Item