Konsumen Dan Hygienitas Produk (Studi Tentang Perlindungan Hukum Dalam Proses Produksi di Gabungan Koperasi Susu Indonesia Boyolali )

Prasasti, Nora Dwi (2013) Konsumen Dan Hygienitas Produk (Studi Tentang Perlindungan Hukum Dalam Proses Produksi di Gabungan Koperasi Susu Indonesia Boyolali ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III Pembahasan)
05_bab_3_pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (335kB)

Abstract

Produk susu hasil olahan dapat menimbulkan permasalahan bagi konsumen jika pengolahannya tidak dilakukan dengan baik dan higienis. Pemerintah menciptakan peraturan-peraturan untuk menjaga standar mutu pangan. Namun industri rumah tangga belum semuanya mengaplikasikannya dalam produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pengakomodasian standar higienis dalam proses produksi susu; 2) mendeskripsikan perlindungan hukum bagi konsumen terhadap hiegenitas susu yang diproduksi di Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan yuridis sosiologis sebab membahas mengenai implementasi dan menguji pelaksanaan ketentuan normatif di dalam praktek. Penelitian dilaksanakan terhadap para peternak susu yang tergabung dalam Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Boyolali. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Pengakomodasian standar hygienis dalam proses produksi susu yang dilakukan oleh Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) terpenuhi dan sesuai dengan ketentuan yang terantum dalam SK Nomor 715/Menkes/Sk/V/2003 Tentang Persyaratan Hygiene Sanitasi Jasaboga.; (2) Perlindungan hukum bagi konsumen terhadap standar hiegenitas terhadap susu yang diproduksi oleh Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) di Boyolali mengacu pada: (1) Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) khususnya pada Pasal 4 huruf a, Pasal 8 ayat 1 huruf a, Pasal 19 ayat 1; (2) SK Nomor 715/Menkes/Sk/V/2003 khususnya Pasal 13; (3) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2004 Tentang Keamanan, Mutu Dan Gizi Pangan, khususnya Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 23 huruf b

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hiegenitas produksi susu, perlindungan hukum konsumen susu
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:42
Last Modified: 29 Apr 2013 13:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23916

Actions (login required)

View Item View Item