Perlawanan Pihak Ketiga (Derden Verzet) Terhadap Sita Jaminan Dalam Penyelesaian Sengketa Perdata (Study Kasus Pengadilan Negeri Surakarta)

NUGROHO, ARIEF SHIDDIQ (2013) Perlawanan Pihak Ketiga (Derden Verzet) Terhadap Sita Jaminan Dalam Penyelesaian Sengketa Perdata (Study Kasus Pengadilan Negeri Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (805kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (580kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih mendalami dan memahami bagaimana cara melakukan perlawanan pihak ketiga (derden verzet) serta alasan mengapa pelawan mengajukan perlawanan sita jaminan dan bagaimana langkah hakim dalam mempertimbangkan putusan terhadap perlawanan pihak ketiga (derden verzet) terhadap sita jaminan dalam penyelesaian sengketa perdata. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan hukum metode pendekatan normatif sosiologis yaitu suatu pendekatan dengan cara pandang dari aspek hukum mengenai segala sesuatu yang terjadi didalam masyarakat yang mempunyai akibat hukum untuk dihubungkan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini. Berdasarkan uraian hasil penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengajukan perlawanan pihak ketiga (derden verzet) haruslah jelas dalam penyampaian alasan-alasan yang diajukan terhadap perlawanan serta adanya bukti-bukti yang kuat agar dapat pengakuan bahwa pelawan adalah pelawan yang benar sehingga barang atau benda yang dijadikan jaminan tidak diangkat. Apa bila pelawan didalam perlawanannya tidak dapat membuktikan bahwa barang atau benda itu adalah hak miliknya maka pelawan atau pihak ketiga harus merelakan barang hak miliknya diangkat. Hakim dalam menentukan putusan terhadap perlawanan pihak ketiga haruslah sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan, dalam menentukan putusannya hakim menganalisa bukti-bukti yang diajukan oleh pelawan (pihak ketiga) dan terlawan kemudian hakim dapat menentukan apakah pelawan adalah pelawan yang benar atau tidak benar. Apabila pelawan dinyatakan pelawan yang tidak benar maka hakim menolak perlawanan pelawan dan begitu pula sebaliknya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dalam mengajukan perlawanan pihak ketiga (derden verzet) haruslah jelas dalam penyampaian alasan-alasan yang diajukan terhadap perlawanan serta adanya bukti-bukti yang kuat.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:21
Last Modified: 29 Apr 2013 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item