Pengaruh Kecerdasan Emosional Perilaku Belajar Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadyah Surakarta)

Sholihah, Bina Pratiwi and , Rina Trisnawati, Dra., M.Si., Akt., Ph.D (2013) Pengaruh Kecerdasan Emosional Perilaku Belajar Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Tujuan penelitian yang diharapkan bisa dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis penelitian ini adalah H1 : Kecerdasan emosional (pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial) berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi, H2 : Perilaku belajar mahasiswa akuntansi (kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, kebiasaan menghadapi ujian) berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan H3 : Budaya (Individualisme vs collectivism, Large vs small power, Strong vs weak uncertainty avoidance, Maskulin vs femininity, Short-term vs long term orientation) berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Sampel penelitian ini mengambil sampel dari data absensi mahasiswa semester 6 dan semester 8 yang berjumlah 435 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ekonomi Akuntansi. Hal ini sesuai pendapat Arikunto (1993), jika subyeknya lebih dari 100, maka sampel penelitian dapat diambil sebanyak 20%. Jadi sampel yang diambil adalah 435 x 20% = 87 responden. Alasan pemilihan sampel ini karena untuk mempermudah proses pengambilan data. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kecerdasan emosional (pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, keterampilan sosial) berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Variabel perilaku belajar mahasiswa akuntansi (kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan, kebiasaan menghadapi ujian) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan Budaya (Individualisme vs collectivism, Large vs small power, Strong vs weak uncertainty avoidance, Maskulin vs feminity, Short-term vs long term orientation) tidak berpengaruh terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Berdasarkan hasil uji F diperoleh variabel kecerdasan emosional, perilaku belajar dan budaya secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi atau karena F.sig (0,000) lebih kecil dari 0,05 ().

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Budaya dan Tingkat Pemahaman Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2013 08:01
Last Modified: 16 Nov 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item