Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Lima Kabupaten/Kota Se Karesidenan Semarang Tahun 2002-2010

Rohman, Fatkhur (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan Di Lima Kabupaten/Kota Se Karesidenan Semarang Tahun 2002-2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini akan melihat bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan di karesidenan semarang, melihat dari variabel-variabel penduduk miskin serta tingkat melek huruf, tingkat harapan hidup, angkatan kerja dan pdrb, sehingga pemerintah daerah bisa mengatasi jumlah kemiskinan yang berkembang di masyarakat dan bisa mengentaskan kemiskinan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Panel Least Square. Dengan variebel penduduk miskin serta tingkat melek huruf, tingkat harapan hidup, angkatan kerja dan pdrb. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik yang merupakan data statistik dari tahun 2002-2010. Hasil uji R2Dari hasil estimasi persamaan tersebut besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0.972920Artinya 97,2% variasi kemiskinan tahun 2002 – 2010 artinya mempunyai pengaruh yang cukup tinggi dan dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen dalam model statistik Variabel independen dalam model statistik yaitu Angka melek huruf(amh) angka harapan hidup (ahh), PDRB dan Angkatan kerja (atk) Sedangkan sisanya yaitu sebesar 2,8% dijelaskan oleh variabel-variabel bebas lain di luar model yang diestimasi. Variabel Angka Melek huruf memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan karena memiliki probabilitas sebesar-2.956831 (T statistik <-2,70 (Tabel) artinya apabila penduduk yang melek huruf naik 1 % maka jumlah kemiskinan akan turun 2,95%. Variabel Angka Harapan Hidup memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan karena memiliki probabilitas -3.778402 (T statistik) < -2,70 (tabel) artinya apabila angka harapan hidup naik 1% maka jumlah kemiskinan turun 3,77%.Variabel Angkatan kerja memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan karena memiliki probabilitas sebesar -0.755897 (T statistik) -2,70(tabel)artinya apabila angkatan kerja naik 1% maka jumlah kemiskinan pengaruhnya kecil -0,75.Variabel PDRB memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan karena memiliki probabilitas sebesar 0.516729 (T statistik)<2,70 artinya apabila PDRB naik 1% maka jumlah kemiskinan pengaruhnya kecil 0,51. Pada pengujian F menunjukkan nilai Fstatistik 161.6724>3,53 (tabel) jadi Ho ditolak .Kesimpulan :model yang dipakai eksis. Dengan kata lain adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemiskinan. Hasil Dari penelitian menunjukan bahwa AMH berpengaruh Negatif yang signifikan, Variabel AHH berpengaruh Negatif yang signifikan, Variabel ATK berpengaruh negatif akan tetapi kurang siginifikan dan Variabel PDRB berpengaruh Negatif akan tetapi kurang signifikan terhadap kemiskinan di Keresidenan Semarang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jumlah Penduduk Miskin, Angka Melek Huruf, Angka Harapan Hidup, Angkatan Kerja dan PDRB
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2013 07:46
Last Modified: 29 Apr 2013 15:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23891

Actions (login required)

View Item View Item