Pengaruh Partisipasi Masyarakat dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran dengan Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris di DPRD Kab. Boyolali)

Saputro, Aditya Dibyo (2013) Pengaruh Partisipasi Masyarakat dan Transparansi Kebijakan Publik Terhadap Hubungan Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran dengan Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris di DPRD Kab. Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4.BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
5.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab IV)
7.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2.JURNAL_PUBLIKASI_+_COVER.pdf

Download (608kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah dengan variabel moderator partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik. pengertian pengawasan keuangan daerah adalah tindakan yang dilakukan untuk menjamin agar penerimaan daerah dan pengeluaran daerah tidak menyimpang dari rencana yang telah digariskan dalam anggaran. Sampel dalam penelitian ini adalah anggota dewan parwakilan rakyat daerah (DPRD) Kabupaten Boyolali. Diperoleh menggunakn tehnik sampling jenuh. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 45. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner yang dilakukan oleh anggota dewan. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan multiple regression untuk masing-masing sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pengetahuan dewan tentang anggaran, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah yang dilakukan dewan hal ini ditunjukan dengan nilai sig. masing-masing sebesar 0,001, 0,012 dan 0,000. Kedua, pengetahuan dewan tentang anggaran dengan partisipasi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. Sebesar 0,005. Ketiga pengetahuan dewan tentang anggaran dengan transparansi kebijakan public berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, hal ini ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,008.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dewan tentang anggaran, pengawasan keuangan daerah, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan public
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2013 06:02
Last Modified: 29 Apr 2013 17:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item