Analisis Kinerja Bank Umum Syariah Dan Bank Konvensional Dengan Prespektif Balanced Scorecard (Studi Pada Bank Mandiri Dan Bank Syariah Mandiri

Stellata A.W., Annisa and , Zulfikar, SE., M.Si. (2013) Analisis Kinerja Bank Umum Syariah Dan Bank Konvensional Dengan Prespektif Balanced Scorecard (Studi Pada Bank Mandiri Dan Bank Syariah Mandiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia diwujudkan dengan adanya badan usaha, lembaga keuangan, dan perbankan. Persaingan antar lembaga keuangan semakin kompetitif dalam perkembangan ekonomi global. Kebijakan perbankan di Indonesia untuk mengembangkan layanan syariah mulai berkembang, Unit Usaha Syariah (UUS) melakukan pemisahan (spin off) dari bank umum menjadi Bank Umum Syariah (BUS). Dalam menyikapi persaingan ini perlu diupayakan peningkatan kinerja organisasi, keselarasan tujuan organisasi dan tujuan tiap individu dalam organisasi. Diperlukan sistem penilaian kinerja dengan hasil data yang akurat agar lebih tepat dalam penyusunan strategi organisasi. Balanced Scorecard adalah salah satu alat pengukur kinerja yang menggunakan aspek finansial dan non-finansial. Pengukuran tersebut diukur dari empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Data primer dan data sekunder digunakan dalam metode penelitian ini. Data primer diperoleh dari kuesioner teknik convinience sampling dengan responden nasabah dan karyawan Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri. Data sekunder diperoleh dari annual report Bank Mandiri dan Bank Syariah Mandiri periode 2010 s.d. 2011. Hasil kuesioner diukur menggunakan formula dan tidak menggunakan pengolahan data statistik. Dalam menentukan skor tingkat kepuasan nasabah dan karyawan digunakan ukuran skala likert. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perbandingan kinerja Bank Konvensional dan Bank Umum Syariah. Hasil penelitian ini diperoleh dari masing-masing perspektif adalah perspektif keuangan dengan ukuran rasio CAR, NPL/NPF, ROA, ROE, BOPO, LDR/FDR. Menunjukkan bahwa kinerja kedua bank baik dilihat dari peningkatan profitabilitas dari tahun sebelumnya. Perspektif pelanggan menunjukkan peningkatan marketshare dan profitabilitas konsumen yang mempengaruhi kepuasan nasabah dengan hasil yang baik/puas. Perspektif bisnis internal digunakan rasio NGR dan AETR yang menunjukkan peningkatan jaringan kantor dan tingkat efisiensi biaya yang baik. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan dan presentase pelatihan karyawan pada tahun berikutnya. Hal ini mempengaruhi tingkat kepuasan karyawan yang menghasilkan ketegori cukup baik/puas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Balanced Scorecard, Bank Umum Syariah, Bank Konfensional, Spin off.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2013 08:04
Last Modified: 04 Nov 2021 00:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item