Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Mempunyai Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar)

Utami, Pradipta Wisma and , Drs. M. Abdul Aris, M.Si (2013) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Untuk Membayar Pajak Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Mempunyai Usaha Dan Pekerjaan Bebas (Studi Kasus Pada KPP Pratama Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (388kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian untuk menjelaskan secara empiris tentang faktorfaktor yang mempengaruhi kemauan membayar pajak yaitu kesadaran wajib pajak, pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan, persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan, tarif pajak, penerapan self assessment system, sanksi perpajakan, dan sikap fiskus. Penelitian ini menggunakan teknik survei yaitu suatu penelitian dengan cara pengambilan sampel dari suatu populasi tertentu dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada wajib pajak yang mempunyai NPWP yang terdaftar dalam Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Populasi dalam penelitian ini adalah semua wajib pajak yang terdaftar dalam Kantor Pelayanan Pajak Pratama Karanganyar sebanyak 15.603. Dengan ukuran populasi (N) sebanyak 15.603 dan dengan persen kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sampel yang dapat ditolerir atau diinginkan (ℯ) 0,1 penelitian ini menggunakan 99 sampel. Berdasarkan penelitian ini dinyatakan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H1 diterima. Pengetahuan dan pemahaman akan peraturan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H2 diterima. Persepsi yang baik atas efektifitas sistem perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H3 diterima. Tarif pajak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H4 diterima. Penerapan self assessment system berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H5 diterima. Sanksi perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sehingga H6 diterima. Sikap fiskus berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, H7 diterima.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wajib Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2013 07:21
Last Modified: 03 Nov 2021 23:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item