UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK (PTK SMP Negeri 2 Karanganom Kelas VII Tahun Ajaran 2007/2008)

RAHMAWATI, Agustina Teja (2008) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN UMPAN BALIK (PTK SMP Negeri 2 Karanganom Kelas VII Tahun Ajaran 2007/2008). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040032.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
A410040032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses belajar melalui tugas terstruktur dengan umpan balik, mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkan tugas terstruktur dengan umpan balik dan mengetahui peningkatan kemampuan siswa dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan umpan balik. Peningkatan motivasi belajar matematika meliputi lima aspek peningkatan yaitu : 1) perasaan senang siswa; 2) perhatian siswa; 3) kemauan siswa; 4) konsentrasi siswa; 5) kesadaran siswa. Peningkatan kemampuan matematika berdasarkan pada tiga aspek peningkatan yaitu: 1) peningkatan kemampuan mengkonstruksikan soal ke dalam model matematika; 2) ketepatan menggunakan rumus; 3) kebenaran proses mencari jawaban. Subyek siswa kelas VIIC sejumlah 40 siswa. Data dikumpulkan melalui metode pokok terdiri dari metode tes dan metode observasi. Metode Bantu yaitu metode dokumentasi.Teknik analisis data hasil penelitian tindakan kelas ini yaitu : 1) model pembelajaran matematika melalui tugas terstruktur dengan umpan balik yaitu guru memberikan tugas beserta langkah-langkah penyelesaian, dan guru memberikan balikan berupa jawaban dan langkahlangkah yang benar pada waktu tugas dibahas bersama; 2) peningkatan motivasi belajar matematika di akhir penelitian yang meliputi perasaan senang siswa mencapai 24 siswa(60%), perhatian siswa mencapai 25 siswa(62,5%), kemauan siswa mencapai 27 siswa(67,5%), konsentrasi siswa mencapai 26 siswa(65%), kesadaran siswa mencapai 29 siswa(72,5%); 3) peningkatan kemampuan siswa di akhir penelitian ini meliputi mengkonstruksikan soal kedalam model matematika mencapai 29 siswa (72,5%), ketepatan pengguanaan rumus mencapai 30 siswa (75,00%), dan proses perhitungan mencapai 31 siswa (77,5%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan metode tugas terstruktur dengan umpan balik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, tugas terstruktur, umpan balik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Jun 2009 06:09
Last Modified: 16 Nov 2010 23:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item