Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Agustina, Riza Artha (2013) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Perbankan Konvensional Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (854kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (310kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh antara variabel independen dengan pengungkapan CSR, yang diproksikan dengan leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan (size), dan kepemilikan manajemen. Populasi penelitian ini adalah semua bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010. Metode pengambilan sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, maka diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda. Penggunaan metode ini terlebih dahulu diuji apakah model yang digunakan dalam penelitian ini memenuhi asumsi klasik atau tidak. Pengujian asumsi klasik tersebut meliputi uji normalitas data, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil pengujian statistik t dengan menggunakan 121 item pengungkapan CSR menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini memiliki nilai signifikan t > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh terhadap pengungkapan (CSR). Sedangkan hasil pengujian statistik t dengan menggunakan 80 item pengungkapan CSR yang telah disesuaikan dengan perbankan konvensional menunjukkan bahwa variabel leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, dan ukuran perusahaan (size) memiliki nilai signifikan statistik t > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa variabel tersebut tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Variabel independen yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yaitu variabel kepemilikan manajemen, dengan nilai signifikan statistik t < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSR, leverage, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan (size), kepemilikan manajemen.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Apr 2013 06:11
Last Modified: 25 Apr 2013 09:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23850

Actions (login required)

View Item View Item